Pelaku UKM Jambi Sukses Tembus Pasar Ekspor

Pelaku UKM Jambi Sukses Tembus Pasar Ekspor

Pelepasan Ekspor Damar Batu yang di hadiri oleh Direktur PT. Anugerah Berkah Berniaga-Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Berbekal belajar bisnis melalui online pada channel Indonesia export, Elsa Syafitri yang merupakan pelaku UMKM di Kota JAMBI berhasil mengembangkan bisnisnya dengan menembus pasar ekspor.

Salah satu sumber daya Indonesia yang diminati di luar negeri adalah batu damar, batu damar merupakan jenis batu permata yang terbuat dari resi pohon yang sudah berubah menjadi fosil.

PT. Anugerah Berkah Berniaga sebagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Jambi berhasil mengembangkan bisnisnya, hingga pasar ekspor. Terbukti pada Kamis 4 Juli 2024 telah melakukan ekspor perdana komoditas batu damar asal Provinsi Jambi ke negara China.

BACA JUGA:Bandara STS Jambi Diharapkan Jadi Gerbang Utama Penunjang Pariwisata Provinsi Jambi

Selaku Direktur PT. Anugrah Berkah Berniaga, Elsa Syafitri menyampaikan bahwa komoditi yang diekspor ialah, damar batu hitam yang ia dapat dari petani diberbagai kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

Dalam ekspor perdananya batu damar yang di ekspor ke negara tujuan yakni China berjumlah sebanyak 16.500 KG atau 16.5 Ton, dengan nilai dalam rupiah mencapai 160 juta rupiah.

“Yang kami ekspor adalah damar batu hitam yang kami dapat dari berbagai kabupaten di Provinsi Jambi. Kami mengekspor ke China sebanyak 16.500 KG atau 16,5 Ton dengan nilai setara dengan Rp 160 juta,” terang Elsa Syafitri, Direktur PT. Anugerah Berkah Berniaga, Jumat (5/7).

BACA JUGA:Diawal Bulan Juli, DKP Pastikan Harga Komoditi Pangan Stabil dan Selalu Tersedia

Kemudian Elsa juga mengemukakan tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari limbah tambang batu bara, serta dapat menginspirasi anak muda untuk terus memupuk kemauan untuk belajar.

Dalam pengiriman komoditinya Elsa menggunakan jasa dari PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Persero regional Jambi yang berada di Talang Duku Kabupaten Muaro Jambi. Mengenai hal tersebut pihak Pelindo menyambut baik dan berkomitmen untuk mendukung seluruh aktivitas PT. Anugerah Berkah, terutama guna meningkatkan komoditas yang ada di Jambi untuk masuk ke level internasional.

“Ini adalah pertama kalinya kami mengekspor bersama komunitas di Provinsi Jambi, agar bisa bersaing di dunia ekspor internasional,” ucap Ajie Nur Rendra Graha, Manager Teknik dan Operasi PT Pelindo, Jumat (5/7).

BACA JUGA:Penerima PKH di Tanjab Barat Meningkat

Melihat hal itu, pihaknya juga mendorong lebih banyak UMKM untuk bisa menggeluti usaha yang potensial di pasar ekspor. Untuk diketahui Damar merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat dan potensi untuk dimanfaatkan dalam berbagai industry. Melalui pengolahan yang tepat, damar dapat diolah menjadi bahan dasar pembuatan cat, pernis, kertas, obat-obatan, dan produk lainnya.

Sumber: