Progres Tol Banyulincir -Tempino Jambi Mencapai 85,4 Persen

 Progres Tol Banyulincir -Tempino Jambi Mencapai 85,4 Persen

Progres proyek Jalan Tol Seksi Tiga Bayung Lencir (Sumsel) -Tempino (Jambi)-Jektvnews-

MUARO JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Satuan kerja jalan bebas hambatan jalan Tol Seksi Tiga Bayung Lencir (Sumsel) -Tempino (Jambi) sudah mencapai 85,4 persen. Sedikit mundur persiapanya dari target yang direncanakan, yakni 30 Juni 2024 menjadi 31 Agustus 2024 sesuai adendum terbaru.

BACA JUGA:Aksi Dramatis Penangkapan Perampok di Kota Jambi

Jalan Tol Sesi Tiga Banyung Lencir Sumatra Selatan - Tempino Provinsi Jambi sudah mencapai 85,4 persen untuk kesiapanya. Namun meski demikian, ada kemunduran dalam progres tersebut direncanakan rampung pada tanggal 30 Juni. Karena ada permasalah yang belum diselesaikan, sehingga mundur menjadi tanggal 31 Agustus 2024 hal ini sudah sesuai adendum yang terbaru.

Disampaikan oleh Kepala Satker Jalan Bebas Hambatan Jambi, Benny Christiawan menyampaikan, kepada awak media bahwasanya keterlambatan ini dikarena permasalahan pembebasan lahan

BACA JUGA:Nyaris Meledak, Sebuah Bom Kuno Berhasil Dijinakkan Tim Gegana Polda Jambi

Yang mana sebelumnya dari kontraktor meminta untuk dibebaskan paling lambat akhir 2023, secara bertahap baru bisa selesai sebagian besar pada Juni 2024, pembebasan lahan tambahan itu seluas 6,5 hektare, sekitar 105 bidang.

Saat ini, masih ada lima bidang tanah yang ditargetkan dan menunggu keputusan dari pengadilan bahwa lahan tersebut bisa dieksekusi. Selain itu juga, sisa pekerjaan yang belum selesai di antaranya berada di simpang sebidang dengan panjangnya 800 meter, kemudian di interchange dan sta 141 sekitar 1,1 km. Adapun penyelesaian rigid sudah diselesaikan sepanjang 11,8 kilometer dari total 13,8 km.

BACA JUGA:Bacawabup Hairan Disambut Hangat Ratusan Masyarakat Kecamatan Senyerang

Diketahui jalan tol selesai, maka untuk pengoperasiannya harus melalui uji layak fungsi dari Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan Kementerian PUPR. Pengujian itu dilakukan untuk memastikan jalan sudah layak untuk beroperasi, dan setelah ada sertifikat uji layak fungsi baru dilakukan peresmian dan pengoperasian.

Selain itu juga, Jalan Tol Bayung Lencir- Tempino ini memiliki panjang 33 km. Saat meninjau proyek Jalan Tol Trans Sumatera di Jambi beberapa waktu lalu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan Jalan Bebas Hambatan Jambi-Palembang akan selesai pada kuartal pertama 2025.

Sumber: