TPS 04 dan 02 Desa Kembang Seri Berlangsung PSU DPRD Provinsi Jambi Dapil II

 TPS 04 dan 02 Desa Kembang Seri Berlangsung PSU DPRD Provinsi Jambi Dapil II

Bener TPS 02 Desa Kembang Seri PSU-Jektvnews-

BATANGHARI, JEKTVNEWS.COM - Pelaksanaan PSU di TPS 04 dan TPS 02 Desa Kembang Seri, Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kabupaten BATANGHARI, Sabtu 29 Juni 2024. Dilaksanakan paska keputusan Mahkamah Konstitusi atas pelanggaran adanya temuan pemilih yang melakukan pencoblosan lebih dari satu kali. PSU kali ini hasil gugatan partai politik, dan yang dilaksanakan hanya pemilihan DPRD Provinsi Jambi dapil 2 BATANGHARI.

BACA JUGA:Ombak Tenang, BPBD Minta Nelayan Untuk Tetap Lengkapi APD Ketika Melaut

Setelah melalui gugatan Partai Politik ke MK, keputusan MK mengabulkan PSU untuk dua TPS yakni TPS 04 dan TPS 02, Desa Kembang Seri, Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kabupaten Batanghari.

Pelaksanaan PSU ini merupakan satu-satunya di Provinsi Jambi setelah hakim MK mengabulkannya. Berbagai mata kepentingan menuju pelaksanaan PSU, bahkan pengawasan pelaksanaan PSU di hadiri langsung anggota Bawaslu RI, Herwin J.H. Malonda. 

Bawaslu RI Herwin Malonda mengapresiasi penyelenggara yang bersedia memfasilitasi pelaksanaan PSU ini, namun Bawaslu telapak melakukan pengawasan hingga pelaksanaan PSU selesai dilaksanakan.

BACA JUGA:Pemkab Muaro Jambi Akan Membangun Toko TPID

“Saya apresiasi sekali ya dengan - KP karena tetap untuk melakukan pengawasan dan apresiasi juga untuk keamanan terutama teman-teman kepolisian untuk mengamankan jalannya,” ujar Herwin J.H Malonda, Anggota Bawaslu RI, Sabtu (29/6).

Sementara Ahmad Halim, Ketua PPS Desa Kembang Seri yang sekaligus Ketua KPU Batanghari menjelaskan, pelaksanaan PSU dampak dari adanya gugatan Partai Politik ke Mahkamah Konstitusi. Adanya pemilih yang melakukan pencoblosan lebih dari satu kali, hingga MK mengabulkan dua TPS yakni TPS 04 dan TPS 02 Desa Kembang Seri untuk melakukan pemungutan suara ulang.

BACA JUGA:Wagub Sani Paparkan Keberhasilan Pencegahan Stunting di Provinsi Jambi

“Alhamdulillah sampai hari ini jalan sesuai prosedur tidak ada hambatan, cuaca juga mendukung dan kita menunggu sampai pukul 13 nanti baru kita proses. Ini kan ada gugatan partai ke Mahkamah Kontitusi terkait dengan masyarakat yang mencoblos lebih dari satu kali, baik di dalam TPS maupun di berbeda TPS,” ujar Ahmad Halim, Ketua KPU Batanghari.

Sejauh ini pelaksanaan PSU berlangsung aman, karena semua mata tertuju pada pelaksanaan PSU di dua TPS tersebut. Pengawasan ketat dilakukan jajaran Bawaslu, dan tim kepolisian turut melakukan pengamanan di beberapa titik tempat PSU diberlangsungkan.

Sumber: