Hingga Bulan Juni, Damkar Sebut 11 Kasus Kebakaran Telah Terjadi

Hingga Bulan Juni, Damkar Sebut 11 Kasus Kebakaran Telah Terjadi

Ilustrasi Kebakaran-YST-

TANJAB BARAT, JEKTVNEWS.COMKebakaran kerap terjadi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, sebab dari data Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kebakaran, setidaknya dari Januari hingga Juni tahun 2024 terdapat 11 kasus Kebakaran, Kebakaran rata-rata didominasi rumah pemukiman warga. Bahkan Kebakaran diakibatkan dugaan konseleting listrik.

BACA JUGA:PLN Optimis GI Pelabuhan Dagang Tahun Ini Tuntas

Meski kasus kebakaran kerap terjadi namun kasus kebakaran tahun ini cenderung menurun, yang mana dari data Dinas Damkar sendiri terdapat 11 kasus kebakaran, ini terdata dari bulan Januari hingga Juni 2024 lalu, meski demikian masyarakat juga diminta untuk tetap waspada, yakni pastikan saat meninggalkan rumah dalam keadaan aman, yakni kompor dipastikan mati dan ampere listrik dipastikan diturunkan, jika bepergian lama meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Dalam kesempatan ini Kepala Pemadam Kebakaran Penyelamatan Iswardi mengatakan, meski setiap tahunnya kerap terjadi kasus kebakaran, namun kasus tersebut dari tahun ke tahun cenderung menurun, sebab jika pun ada kebakaran pihak Damkar pun tetap stand by 24 jam dalam hal tersebut, bagaimana tidak ini merupakan tupoksi Damkar untuk mengatasi kejadian kebakaran tersebut, terkhusus pemukiman warga.

BACA JUGA:Wagub Sani Buka Jambi Fun Race 2024

Sebab saat ini terdapat 11 kasus kebakaran hingga bulan Juni ini, selain itu pihak Damkar juga rutin patroli setiap malamnya memberi himbauan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati ketika sedang meninggalkan rumah, sebab antisipasi kebakaran dimulai dari diri sendiri atau dari pemilik rumah, dan diakui Iswardi bahwa rata-rata kebakaran tahun ini didominasi terjadi diluar Kota Kuala Tungkal, atau dikecamatan yang cukup jauh bukan dipusat kota.

BACA JUGA:Diduga Akibat Pengaruh Alkohol, Pelaku Penusukan dan Pengeroyokan Dirungkus Polisi

Selain tupoksi sebagai pemadam api ketika terjadi kebakaran, Damkar juga mendapatkan tupoksi tambahan yakni menangkap ular liar ketika masuk rumah warga, setidaknya terdapat ratusan ular yang berhasil ditangkap pihak Damkar. Selain itu Damkar juga turut stand by dan membantu ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Sumber: