HBA Titipkan Amanah Kepada Pengurus LAM Kabupaten Merangin yang Baru

HBA Titipkan Amanah Kepada Pengurus LAM Kabupaten Merangin yang Baru

HBA Lantik Pengurus LAM Kabupaten Merangin-ist-

MERANGIN, JEKTVNEWS.COM - Ketua LAM Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (HBA) melantik Para pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kabupaten MERANGIN masa bhakti 2023-2028, bertempat di Balai Adat Kabupaten MERANGIN, Senin (9/10).

Kegiatan ini turut dihadiri Gubernur Jambi yang diwakili Asisten 1 Setda Provinsi Jambi Arif Munandar, Pj Bupati Merangin Mukti bersama Ketua TP PKK Merangin Indria Mayesti Mukti, Ketua DPRD Merangin Herman Effendi.

BACA JUGA:Dugaan Pemerasan Eks Mentan SYL, Menko Polhukam Mahfud Md Sebut Masih dalam Prosedur

Dilantik sebagai Ketua umum LAM Jambi Kabupaten Merangin Azra’i Husin menggantikan H Abdullah Gemuk yang habis masa tugasnya, dilantik sebagai Sekretris Umum Jailani, Bendahara Umum Maryam Alfarina.

Ketua LAM Provinsi Jambi H Hasan Basri Agus juga melantik para pengurus bidang-bidang kegiatan dan para seksi lainnya.

‘’Orang yang duduk di kepengurusan LAM adalah orang-orang yang bisa mengayomi semuanya,’’ujar HBA.

BACA JUGA:Februari 2024 Jalan Angkutan Batu Bara di Jambi Selesai Dibangun

Pengurus LAM lanjut HBA tugasnya, mengurus anak dan ponakan.

‘’Kalau bisa memang pengurus adat itu tindakan dan tingkahlakunya sebagai orang adat, sopan dan santun harus orang yang pandai-pandai mengayomi anak buah dan ponakan,’’ harapnya.

Menurutnya, LAM Jambi sekarang ini sudah banyak mengalami kemajuan-kemajuan yang dibuat. ‘’Kita telah menetapkan hari adat Provinsi Jambi setiap tanggal 01 Muharam, wajib kabupaten/kota memperingatinya,’’jelas HBA.

BACA JUGA:Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Atasi Masalah Jerawat!

Sudah lebih dari 100 tahun lalu terang HBA, pencetus adat Jambi yaitu Orang Kayo Hitam telah mencanangkan Adat Bersendi Sarak, Sarak Besendi Kitabullah.

"Jadi adat ini bukan kolang kaling,’’tegas HBA.

Terpisah, Pj Bupati Merangin Mukti mengatakan, diera globalisasi sekarang ini dengan barbagai pengaruh, LAM Jambi Kabupaten Merangin sebagai salah satu organisasi sosial mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan.

Sumber: