7 Manfaat Berhubungan Intim di Malam Jumat

Kamis 19-01-2023,18:23 WIB

jektvnews.com - Malam Jumat, menjadi salah satu momen yang dimanfaatkan oleh pasangan suami istri untuk berhubungan. berbagai manfaat hubungan intim yang bisa didapat, baik manfaat secara fisik maupun psikologis.

Dikutip dari alodokter, berikut 7 manfaat berhubungan intim pada saat Malam Jumat:

1. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hubungan intim, tidak termasuk masturbasi, bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena aktivitas seksual dapat memicu pelebaran pembuluh darah, peningkatan pengiriman oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh, sekaligus penurunan tekanan darah.

 

2. Meredakan nyeri

Manfaat hubungan intim lainnya yang bisa Anda dan pasangan dapatkan adalah meredakan nyeri. Saat berhubungan intim, otak melepaskan hormon endorfin yang tidak hanya membuat tubuh lebih rileks, tetapi juga dapat meredakan nyeri yang muncul karena migrain dan sakit punggung.

 

3. Menurunkan risiko kanker prostat

Penelitian menunjukkan bahwa ejakulasi setidaknya 21 kali dalam sebulan diduga mampu menurunkan risiko kanker prostat. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan keterikatan antara aktivitas seksual dengan risiko kanker prostat ini.

 

4. Meningkatkan kualitas tidur

Hubungan intim bersama pasangan diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dipicu oleh produksi hormon prolaktin setelah orgasme, yang dapat menimbulkan rasa relaks dan mengantuk.

 

5. Memperkuat imunitas tubuh

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa melakukan hubungan intim secara rutin sebanyak 1–2 kali per minggu dapat meningkatkan kadar antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

 

Jika melakukan aktivitas seksual lebih dari 3 kali seminggu, kadar antibodi dalam tubuh justru akan sama dengan mereka yang tidak melakukan seks secara teratur.

 

6. Membakar kalori tubuh

Berhubungan intim termasuk aktivitas fisik yang setara dengan jalan cepat. Dengan berhubungan seksual selama 30 menit, Anda dan pasangan dapat membakar sekitar 200 kalori tubuh. Hal ini dipicu oleh pelepasan bahan kimia otak saat berhubungan seksual, yang mampu menahan keinginan untuk makan.

 

7. Menjaga kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung juga merupakan salah satu manfaat hubungan intim. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang berhubungan intim sebanyak dua kali seminggu memiliki risiko lebih kecil menderita penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan pria yang jarang berhubungan seks.

Tags :
Kategori :

Terkait