Biar Tak Kaget di Awal Puasa, Berikut 47 Tips Sehat Bulan Ramadhan

Selasa 13-04-2021,10:58 WIB

25. Khusus untuk mereka yang beraktivitas lebih, misalnya olahraga berat, pekerja berat sehingga keringat keluar berlebihan, dianjurkan minum air dingin biasa, karena akan diserap tubuh lebih cepat dibandingkan air hangat.

26. Lalu makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian seperti kolak, atau minum teh hangat, istirahatkan sesaat.

27. Hindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal dan mengakibatkan kembung.

28. Gunakan jeda itu untuk menjalankan sholat magrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan.

29. Pilih menu berbuka dengan makanan berserat dan vitamin tinggi seperti buah berwarna merah atau kuning, sayuran berwarna hijau tua atau kacang- kacangan

30. Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah.

31. Makanlah secara bertahap, jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah besar.

32. Setelah Tarawih dapat dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan.

33. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam).

KONSUMSI AIR

34. Air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Lebih dari 60 % tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik setiap organ tubuh kita membutuhkan air.

35. Perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik.

36. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah waktu agar Anda minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.

KENDALIKAN EMOSI

37. Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah.

38. Pengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.

Tags :
Kategori :

Terkait