Biar Tak Kaget di Awal Puasa, Berikut 47 Tips Sehat Bulan Ramadhan

Selasa 13-04-2021,10:58 WIB

JEKTV.CO.ID - Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat dimuliakan Allah serta banyak keutamaan daripada bulan-bulan lainnya. Bulan ramadhan juga harus kita sambut dengan semangat ibadah.

Tapi tunggu dulu puasa juga jangan dijadikan alasan aktivitas dan semangat kerja menurun, tetapi menjadi lebih semangat karena motivasi amalan ibadah di bulan Ramadhan yang dilipat-gandakan Allah SWT.

Berbicara tentang aktivitas bulan puasa nih tipstrenners berikut merupakan 47 tips yang harus kamu terapkan selama bulan ramadhan. Biar nggak kaget!

SEMANGAT PUASA

1. Memulai dari niat yang bersih

2. Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut.

3. Semangat puasa secara otomatis akan mengatur kadar asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan.

4. Senang hati akan mengatur enzim epinefrin, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat

5. Lebih hebatnya lagi ternyata organ-organ tubuh kita seperti lambung, usus, ginjal, liver, kulit senang menghadapi puasa setelah mereka diporsir tiada henti di bulan-bulan sebelumnya.

WAKTUNYA SAHUR

6. Jangan tinggalkan sahur kerena berpahala besar

7. Hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”.

8. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan selama 14 jam. Sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup.

9. Menu sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi. Makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap.

10. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Banyak makan makanan manis disaat sahur akan membuat Anda cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.

Tags :
Kategori :

Terkait