Bagaimana E-commers Meningkatkan Daya Saing UMKM

Minggu 03-11-2024,17:00 WIB
Reporter : Monika Wulan Saputri
Editor : KSandi

JEKTVNEWS.COM - E-commerce telah menjadi alat yang sangat ampuh dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di era digital saat ini. Dengan memanfaatkan platform online, UMKM dapat menjangkau pasar yang jauh lebih luas, memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Jangkauan pasar yang lebih luas melewati batasan geografis yang berarti UMKM tidak lagi terbatas pada pasar lokal saja. Dengan e-commerce, produk dapat dijangkau oleh konsumen diseluruhi dunia. Toko online tidak kenal waktu tutup yang artinya akses 24/7 yang memungkinkan konsumen berbelanja kapan saja dan dimana saja

BACA JUGA:Fitur Kirim Barang Brimo Mudahkan UMKM

Dengan adanya pengurangan biaya sewa UMKM tidak perlu lagi menyewa tempat fisik yang besar untuk memajang produk. Pemasaran online jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan metode pemasaran konvensional seperti iklan cetak atau televisi. Ulasan yang diberikan pelanggan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan UMKM. Kehadiran yang kuat di platform e-commerce dapat meningkatkan reputasi merek UMKM 

E-commerce memungkinkan UMKM untuk menargetkan pasar yang lebih spesifik, sehingga upaya pemasaran menjadi lebih efektif. Dengan data pelanggan, UMKM dapat memberikan rekomendasi produk yang relevan, meningkatkan peluang penjualan. 

BACA JUGA:7 Cara Belanja Online Agar Tidak Ditipu

Namun dibalik kemudahan menggunakan E-commerce ada juga tantangan yang harus dihadapi UMKM dalam mengadopsi E-commerce diantaranya seperti; Keterbatasan teknologi, persaingan yang ketat, logistik dan pembayaran. 

E-commerce menawarkan peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dengan memanfaatkan teknologi dan strategi yang tepat, UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka dan mencapai kesuksesan di pasar global.

Kategori :