Gerakan Perjuangan!! Lubuk Puan Sebagai Wadah Para Kaum Perempuan Mendapatkan Hak-Haknya

Sabtu 31-08-2024,15:25 WIB
Reporter : KSandi
Editor : KSandi

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Soft lauching komunitas perempuan yang baru terbentuk di Jambi yang diberi nama Lubuk Puan ini menjadi salah satu wadah gerakan untuk mendapatkan hak-hak perempuan dalam kesetaraan gender, kegiatan soft lauching ini diselenggarakan di Rambu House, Jum'at (30/8/2024).

Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah komunitas, organisasi mahasiswa, NGO, Akademisi, Jurnalis dan berbagai profesi lainnya.

Lubuk Puan turut mengambil peran dalam menyonsong generasi emas 2045, yang dimana perempuan harus tetap mempunyai ruang-ruang belajar dan berkembang serta bersinergi dalam membangun peradaban yang lebik baik.

Dimana Lubuk Puan percaya bahwa, perempuan Indonesia adalah perempuan yang merdeka dan memerdekakan kaum-kaum tertindas.

Dalam segala aspek, perempuan juga harus terlibat aktif di setiap persoalan baik persoalan lingkungan, sosial, pendidikan, kesehatan, budaya dan isu gender lainnya.

Ketua Lubuk Puan Novita Sari menyampaikan bahwa, Lubuk Puan memiliki filosofi nama yang baik, yakni Lubuk berarti kedalaman, puan yang berarti perempuan.

"Kita ingin agar lubuk puan ini jadi ruang aman, ruang edukasi, dan warna baru dalam upaya penegakan keadilan gender," kata Novita Sari, melalui pesannya, Sabtu (31/8/2024).

BACA JUGA:Kekerasan Terhadap Anak dan Perempuan di Kota Jambi Didominasi Pelecehan Seksual

Dikatakan Novita, nantinya Lubuk Puan akan berfokus dalam  bidang edukasi isu gender, mulai dari pengalaman personal para pengurusnya dan lingkungan di sekitarnya.

Sebagai pendatang baru, Lubuk Puan diharapkan mampu menjadi alternatif ruang yang dibutuhkan ditengah masyarakat, terutama untuk para perempuan.

"Kedepan kita akan fokus pada pendidikan daring juga mengupayakan agar bisa masuk ke sekolah-sekolah sebagai ruang edukasi seputar hak kesehatan seksual dan reproduksi," ujarnya.

BACA JUGA:Koalisi Perempuan Indonesia Jambi Dampingi Puluhan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Saat ini, menurut Novita, kasus-kasus yang melibatkan perempuan sangatlah banyak, baik di nasional maupun lokal, maka dari itu, dirinya juga menyebutkan dibutuhkan peran serta dari berbagai lembaga dalam mengetaskan permasalahan yang ada saat ini.

Dalam kegiatan soft launching Lubuk Puan ini turut menghadirkan pemateri yakni Wenny Ira dari Akademisi, Irma Tambunan dari Jurnalis Harian Kompas, dan Ketua Lubuk Puan Novita Sari.

Kategori :