Kenapa Jantung Sering Berdetak dengan Sangat Cepat? Kenali Penyebabnya

Sabtu 12-08-2023,07:36 WIB
Editor : Ksandi

JEKTVNEWS.COM - Jantung yang berdetak dengan cepat, juga dikenal sebagai denyut jantung yang cepat atau takikardia, adalah gejala yang umum terjadi pada berbagai situasi. Ketika jantung berdetak lebih cepat dari biasanya, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran.

Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan beberapa penyebab umum mengapa jantung sering berdetak dengan sangat cepat dan bagaimana cara mengelola kondisi ini.

1. Stres atau Kecemasan:

Salah satu penyebab utama detak jantung yang cepat adalah stres atau kecemasan. Ketika kita menghadapi situasi yang menegangkan atau merasa cemas, sistem saraf akan merespons dengan meningkatkan denyut jantung untuk meningkatkan aliran darah ke otot-otot dan otak.

BACA JUGA:Keistimewaan Menyertakan Tuhan Saat Sedang SedihBACA JUGA:Keistimewaan Menyertakan Tuhan Saat Sedang Sedih

2. Olahraga Intens:

Selama aktivitas fisik yang intens, denyut jantung akan meningkat untuk memompa lebih banyak darah dan oksigen ke otot yang sedang bekerja. Ini adalah respons normal terhadap latihan dan olahraga.

3. Konsumsi Kafein atau Stimulan Lainnya:

Kafein dan stimulan lainnya, seperti minuman energi, dapat meningkatkan denyut jantung secara sementara. Konsumsi berlebihan dari zat-zat ini dapat menyebabkan detak jantung yang cepat.

4. Kondisi Medis:

Beberapa kondisi medis dapat menyebabkan takikardia, termasuk gangguan ritme jantung, hipertiroidisme, anemia, atau gangguan tiroid. Gangguan ini mempengaruhi kemampuan jantung untuk berdetak dalam ritme normal.

BACA JUGA:Selain Jus Semangka, Jus Buah ini Dipercaya Dapat Menurunkan Asam Urat

5. Demam:

Ketika tubuh menghadapi demam atau infeksi, detak jantung biasanya meningkat untuk membantu mengatasi peningkatan suhu tubuh.

6. Obat-obatan:

Kategori :