7 Tips Mengatasi Bruntusan Pada Wajah

7 Tips Mengatasi Bruntusan Pada Wajah

Face wash kulit berminyak-hellosehat-

JEKTVNEWS.COM - Bruntusan pada kulit wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketidakseimbangan hormon, penggunaan produk kosmetik yang tidak cocok, paparan polusi, atau masalah perawatan kulit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi bruntusan :

BACA JUGA:Merayakan Comeback ENHYPEN dengan Cheers Bersama, Sikap Jay Terhadap Fans Muslim Bikin Kagum

1. Membersihkan kulit secara teratur 

Pastikan Anda membersihkan wajah setidaknya dua kali sehari menggunakan pembersih yang lembut dan tidak mengiritasi. Hindari menggosok wajah terlalu keras, karena hal ini dapat menyebabkan peradangan.

2. Gunakan produk perawatan kulit yang tepat

Pilihlah produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan tidak menyumbat pori-pori. Hindari penggunaan produk berbasis minyak yang berat, dan pilihlah produk yang nonkomedogenik.

3. Hindari penggunaan produk kosmetik yang menyebabkan iritasi

Beberapa produk kosmetik mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda mencurigai bahwa produk tertentu menjadi penyebab bruntusan, hentikan penggunaannya dan coba produk lain yang lebih lembut.

BACA JUGA:Menginjak Usia 30-an Visual Irene Red Velvet Tidak Luntur, Netizen : Visual Legendaris

4. Jaga kebersihan handuk dan alat kosmetik

Pastikan Anda menggunakan handuk bersih setiap kali mencuci muka. Selain itu, rajinlah membersihkan dan mengganti spons atau kuas makeup secara teratur agar tidak terkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan bruntusan.

5. Hindari menyentuh wajah secara berlebihan

Hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor atau tanpa perlu, karena dapat memperburuk kondisi bruntusan dan memindahkan bakteri dari tangan ke wajah.

6. Perhatikan pola makan dan hidrasi

Konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, dan protein, serta pastikan Anda cukup minum air putih setiap hari. Pola makan dan hidrasi yang baik dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

7. Konsultasikan dengan dokter kulit

Jika bruntusan Anda tidak kunjung membaik atau mengganggu Anda secara signifikan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.

Mereka dapat mendiagnosis penyebab bruntusan dan memberikan perawatan yang sesuai, seperti rekomendasi obat topikal atau prosedur perawatan kulit.

BACA JUGA:Simak! Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Bahaya Panas Ekstrem

Selalu ingat bahwa setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda, sehingga cara mengatasi bruntusan dapat bervariasi untuk setiap individu.

Penting untuk mencari nasihat profesional jika masalah kulit Anda tidak membaik atau memburuk.

Sumber: