Simak! Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Bahaya Panas Ekstrem

Simak! Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit dari Bahaya Panas Ekstrem

Menjaga Kesehatan Kulit-hellosehat-

JEKTVNEWS.COM - Cuaca panas yang ekstrem akhir-akhir ini kerap menyerang banyak kota di Indonesia. Cuaca panas ekstrem ini mencapai 37 derajat Celsius suhu di siang hari. Wajar saja, Orang -orang akan merasa kegerahan.

Tidak hanya itu, banyak keluhan kesehatan yang bisa muncul karena cuaca panas. Kondisi seperti dehidrasi, heat stroke, hingga masalah kulit lebih sering terjadi akibat dampak dari panas. Oleh sebab itu, kita harus tahu cara menjaga kesehatan kulit di kala cuaca ekstream.

BACA JUGA:Simak! Begini Cara Membuat Lulur Alami

Dilansir dari halodoc, Berikut ini cara merawat kulit dengan membiasakan hal-hal, seperti:

1. Menjaga hidrasi kulit dengan minum air

Cuaca panas akan meningkatkan jumlah air yang dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk keringat. Ini membuat seseorang akan lebih cepat merasa dehidrasi. Dehidrasi bukan hanya terjadi pada tenggorokan saja. Akan tetapi pada kulit juga bisa dehidrasi jika tidak mendapatkan cairan yang cukup, sehingga dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kulit kering.

Untuk mencegah terjadinya hidrasi kulit, pastikan kamu minum air yang cukup bahkan sebelum haus. Kamu bisa bisa membawa botol semprot air kemanapun kamu pergi untuk pencegahan wajah ketika kering. Menggunakan losion atau pelembab juga disarankan agar cairan yang ada di dalam kulit tetap terjaga.

2. Menggunakan pakaian yang sesuai 

Ketika cuaca panas, gunakanlah kostum yang sesuai, sebaiknya pakai baju yang ringan dan longgar di tubuh seperti bahan katun atau linen yang mudah menyerap keringat alih-alih bahan kulit, poliester, atau wol yang menahan panas keluar. 

Kemudian, perhatikan juga warna pakaianmu. Jangan menggunakan baju yang berwarna gelap karena akan membuatmu merasa lebih kepanasan karena warna gelap akan menyerap panas. Pilihlah warna-warna yang terang seperti putih, krem, atau pastel untuk menyejukkan tubuh.

BACA JUGA:Begini 7 Tips Memilih Skincare Sesuai Dengan Jenis Kulit

3. Berteduh di siang hari

Pada jam 11 pagi hingga jam 3 sore merupakan waktu ketika matahari sangat terik. Maka sebisa mungkin pada kamu menjauhi sinar matahari langsung pada waktu itu. Pada jam-jam ini sebaiknya kamu berteduh di dalam ruangan dan tidak melakukan aktivitas seperti olahraga.

4. Menggunakan tabir surya

Pada saat cuaca panas ekstream seperti ini, jangan sampai lupa untuk memakai sunblock atau tabir surya. Karena dengan menggunakan sunblock adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dari kamu dari paparan sinar UV berbahaya.

Jika kamu ingin menggunakan tabir surya gunakan lah tabir surya dengan minimal SPF 30 sebelum keluar rumah, hal ini bisa mengurangi risiko kulit terbakar matahari dan kulit kering. Bahkan, kamu juga disarankan tetap perlu menggunakan tabir surya meskipun matahari yang  tidak terlalu terik. 

BACA JUGA:6 Tips Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

Sementara itu, Ketika cuaca panas terjadi secara ekstrem seperti akhir-akhir ini, kamu akan memiliki risiko mengalami masalah kulit lebih tinggi. Cuaca ekstrem juga bisa mendatangkan penyakit kulit yang tidak akan muncul di cuaca biasanya.

Sumber: