Begini Tanggapan Humas Polri Mengenai Polisi yang Membuka Sel di Jambi

Begini Tanggapan Humas Polri Mengenai Polisi yang Membuka Sel di Jambi

Video Seorang Anak Bertemu Ayahnya di dalam Sel-Media Sosial-

Jektvnews.com- Sempat viral di media sosial mengenai video anggota polisi Polsek Maro Sebo, Jambi yang membukakan pintu sel tahanan agar seorang anak dapat masuk dan memeluk ayahnya di dalam sel.

Terkait hal tersebut, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyatakan hal tersebut tidak menjadi masalah. Pasalnya, anggota yang membuka jeruji itu tetap melakukan pengawasan terhadap tahanan.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi, KPK Geledah Kantor Kementerian ESDM

"Ya nggak apa-apa. Prinsipnya tidak jadi masalah. Tentu harus tetap ada pengawasan," jelas Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Senin (27/3).

Menurut Ramadhan, setiap tahanan mendapat perlakuan yang sama yaitu memiliki kesempatan untuk dibesuk oleh pihak keluarga. Namun, petugas kepolisian harus mempertimbangkan segala faktor resiko saat pintu tahanan dibuka.

BACA JUGA:Menkeu Sri Mulyani Beberkan Soal Dana 349 Trilun di Kemenkeu

"Perlakuan terhadap tahanan itu prinsipnya sama, namun yang membedakan adalah bila tahanan tersebut dikhawatirkan melarikan diri ataupun kondisi tahanan termasuk kesehatannya," tuturnya.

"Pertimbangan tersebut tentu bisa dilihat oleh anggota jaga tahanan. Bila hanya mengizinkan tahanan tersebut untuk bertemu puterinya dan diyakini tahanan tersebut tidak membahayakan ataupun tidak melarikan diri," imbuhnya.

BACA JUGA:Resep Ramadan. Sajian Sosis Pedas dalam Santapan Sahur

Pada kesempatan yang sama, Ramadhan mengingatkan agar petugas jaga tahanan juga harus melihat kondisi tahanan tersebut. Tak hanya itu, dalam pembesukan ini juga tetap dalam pengawasan petugas.

"Harus dilihat juga kondisi tahanan. Tetap dalam pengawasan. Tetep ada catatannya kalau tidak membahayakan atau tidak melarikan diri dan juga tetap dilakukan pengawasan," tandasnya.

Sumber: