Pertamina dan PETRONAS Mengambil Alih 35% Kepemilikan Blok Masela dari Shell

Pertamina dan PETRONAS Mengambil Alih 35% Kepemilikan Blok Masela dari Shell

Kantor Pertamina-pertamina-

JEKTVNEWS.COM  - PT Pertamina (Persero) melalui Subholding Upstream-nya, yaitu PT Pertamina Hulu Energi (PHE), telah menandatangani perjanjian jual beli untuk mengakuisisi kepemilikan Shell Upstream Overseas Services (I) Limited (SUOS) di Blok Masela pada hari ini, Selasa, 25 Juli 2023. PHE bekerjasama dengan PETRONAS melalui PETRONAS Masela dan bersama-sama mereka mengambil alih 35% kepemilikan SUOS di blok tersebut. Dari 35% tersebut, PHE akan mengelola 20% kepemilikan, sementara 15% akan dikelola oleh PETRONAS Masela.

BACA JUGA:Sambut Kepulangan Jamaah Haji Asal Kota Sungai Penuh

Penandatanganan perjanjian jual beli ini diselenggarakan dalam acara pembukaan Konvensi Indonesia Petroleum Association (IPA) dan disaksikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, para pejabat tinggi dari industri migas, dan pimpinan dari Pertamina dan Petronas.

Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina, menyatakan bahwa demi memenuhi kebutuhan energi nasional, komitmen untuk menjaga pasokan migas dari sisi hulu sangat penting. Salah satu strategi untuk mengembangkan lapangan migas baru adalah dengan mengelola Lapangan Abadi di Blok Masela.

PHE, sebagai Subholding Upstream Pertamina, memiliki pengalaman panjang dalam kegiatan eksplorasi, pengembangan, dan produksi minyak dan gas laut dalam, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

BACA JUGA:Sri Mulyani Ungkap Peran Profesi Keuangan dalam Kemajuan Ekonomi Indonesia, Semakin Canggih, Semakin Maju

Mereka juga memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengoperasikan Kilang LNG Badak serta dalam pemasaran LNG domestik dan internasional.

Nicke menambahkan bahwa ke depannya, Lapangan Abadi Blok Masela berpotensi menyerap hingga 10.000 tenaga kerja. Pengembangan Blok Masela diharapkan dapat membantu percepatan pengembangan area lokal sehingga menciptakan lapangan kerja baru dan menyerap tenaga kerja lokal, yang akan berdampak positif pada pengembangan ekonomi di wilayah Indonesia Timur.

Pertamina juga berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan mendorong program-program yang berdampak pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Semua upaya ini sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Dengan akuisisi kepemilikan di Blok Masela, Pertamina dan PETRONAS menunjukkan keseriusan mereka dalam menjaga pasokan energi nasional dan berkontribusi pada pengembangan wilayah Indonesia Timur. Kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat dan lingkungan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Sumber: