Kenali Penyebab Pencernaan Terasa Sakit, Berikut 9 Penyebabnya

Kenali Penyebab Pencernaan Terasa Sakit, Berikut 9 Penyebabnya

Kenali Penyebab Pencernaan Terasa Sakit-Halodoc-

JEKTVNEWS.COM - Pencernaan yang terasa sakit dapat menjadi gejala dari berbagai kondisi atau gangguan yang mempengaruhi sistem pencernaan. Pencernaan adalah proses kompleks di mana makanan dipecah dan dicerna oleh tubuh untuk menyerap nutrisi dan membuang sisa-sisa yang tidak digunakan. Beberapa alasan mengapa pencernaan bisa terasa sakit antara lain:

1. Gastritis:

Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung. Ini bisa disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori, penggunaan obat-obatan tertentu, alkohol berlebihan, stres, atau kondisi autoimun. Gejala gastritis termasuk nyeri atau ketidaknyamanan di bagian atas perut, mual, muntah, dan kadang-kadang perdarahan.

BACA JUGA:Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih pada Makanan: Kekuatan Kesehatan dalam Setiap Gigitan

2. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease):

GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan karena adanya gangguan katup antara lambung dan kerongkongan. Ini menyebabkan sensasi terbakar (heartburn) di dada, rasa asam di mulut, dan sakit perut bagian atas.

3. Tukak Lambung:

Tukak lambung adalah luka pada dinding lambung atau usus halus. Bisa disebabkan oleh infeksi H. pylori, penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dalam jangka panjang, merokok, dan stres. Gejalanya termasuk nyeri perut yang tajam, mual, muntah, dan mungkin mual darah.

BACA JUGA:Soekarno-Hatta International Airport Sandang Bandara Tersibuk di ASEAN dan Posisi 3 di Asia Pasifik

4. Infeksi Saluran Pencernaan:

Infeksi bakteri, virus, atau parasit dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan, yang dikenal sebagai gastroenteritis. Gejalanya termasuk nyeri perut, mual, muntah, diare, dan demam.

5. Batu Empedu:

Batu empedu adalah pembentukan massa padat di dalam kantung empedu. Ketika batu empedu tersumbat di saluran empedu, dapat menyebabkan nyeri perut yang akut, terutama setelah makan makanan berlemak.

6. IBS (Irritable Bowel Syndrome):

Sumber: