Khasiat Rebusan Daun Salam Bisa Turunkan Kolesterol? Begini Cara Mengolah yang Benar

Khasiat Rebusan Daun Salam Bisa Turunkan Kolesterol? Begini Cara Mengolah yang Benar

Manfaat air rebusan daun salam-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Daun salam merupakan daun yang memiliki berbagai macam khasiat untuk mengobati penyakit. Selain memberikan aroma yang khas, daun salam juga memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, dan dipercaya dapat menurunkan penyakit kolesterol. 

Salah satu cara untuk mengolah daun salam adalah dengan merebusnya. Berikut adalah cara mengolah rebusan daun salam yang baik dan benar:

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu daun salam segar atau kering, air bersih, dan panci atau wadah untuk merebus.

2. Cuci daun salam dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau debu yang menempel. Jika menggunakan daun salam kering, rendam terlebih dahulu dalam air selama beberapa menit hingga lembut.

3. Masukkan daun salam ke dalam panci atau wadah yang sudah diisi dengan air bersih. Pastikan air cukup untuk menutupi daun salam.

4. Panaskan panci atau wadah dengan api sedang hingga air mendidih. Setelah itu, kecilkan api dan biarkan daun salam direbus selama 10-15 menit.

5. Setelah direbus, matikan api dan biarkan daun salam dalam air hingga suhu menjadi hangat atau dingin.

BACA JUGA:Tempat Habitat Satwa, Berikut Merupakan Tips Mendaki Gunung Argopuro

6. Saring rebusan daun salam dengan menggunakan saringan atau kain bersih untuk memisahkan daun salam dari air rebusan.

7. Rebusan daun salam siap digunakan untuk berbagai keperluan, seperti bahan masakan atau minuman herbal.

Penting untuk diingat bahwa rebusan daun salam sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, karena dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, mual, atau muntah.

BACA JUGA:Memulai Hidup Baru, Berikut Amalan yang dapat dilakukan Saat 1 Muharram

Oleh karena itu, pastikan untuk mengikuti takaran yang tepat saat menggunakan rebusan daun salam dalam masakan atau minuman herbal.

Sumber: