JICA Persiapkan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Seksi Pangkalan-Payakumbuh yang Tertunda

JICA Persiapkan Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Seksi Pangkalan-Payakumbuh yang Tertunda

Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru-gosumbar-

JEKTVNEWS.COM - Japan International Cooperation Agency (JICA) telah memulai persiapan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru seksi Pangkalan-Payakumbuh yang telah tertunda selama empat tahun.

Senior Representative JICA Perwakilan Indonesia, Shigeo Honzu, menyatakan bahwa saat ini pembangunan baru berada dalam tahap persiapan dan pengkajian berbagai aspek, termasuk lingkungan dan pembangunan tiga terowongan di rencana jalan tol Payakumbuh-Pangkalan paket 2 dan paket 3.

Pada tanggal, 11 Juli 2023, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, menyambut baik kelanjutan pembangunan jalan tol seksi Payakumbuh-Pangkalan. Ia mengungkapkan bahwa kepastian pembangunan ini dapat mempercepat Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Sumatera, yang melewati Kabupaten Limapuluh Kota.

BACA JUGA: Anime One Piece: Daya Tarik yang Melintasi Segala Kalangan

Menurutnya, proyek jalan tol sangat penting dalam mendukung pembangunan daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pemerintah daerah dan Forkopimda siap mengawal pelaksanaan tahapan pembangunan jalan tol dengan transparansi, kejelasan, dan mempertimbangkan aspirasi warga.

Kepala Balai Prasarana Jalan Provinsi Sumbar, Thabrani, menyatakan bahwa mereka telah menjalin komunikasi intensif dengan JICA. Kementerian PUPR meminta dukungan penuh dari Pemkab Limapuluh Kota dalam setiap tahap pembangunan , terutama pada paket 2 dan paket 3. Kepala Dinas PUPR Kabupaten Limapuluh Kota, Rilza Hanif, mengungkapkan bahwa total panjang ruas paket 1, paket 2, dan paket 3 mencapai 46 km.

BACA JUGA:Human Design: Membuka Potensi Kesejahteraan yang Dipersonalisasi

Prioritas pekerjaan adalah pelaksanaan konstruksi pada paket 2 dan paket 3 antara Sarilamak-Pangkalan sepanjang 41 km, yang akan melalui tiga terowongan. Hal ini menjadikan jalan tol ini sebagai konstruksi yang megah di Asia Tenggara, karena melewati topografi perbukitan dan melintasi tiga terowongan.

Dengan dimulainya persiapan pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru seksi Pangkalan-Payakumbuh, diharapkan proyek ini dapat memberikan manfaat signifikan bagi pengembangan infrastruktur dan konektivitas di wilayah tersebut. Selain itu, pembangunan jalan tol ini juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya.

Sumber: