Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

Begini Teknik Jatuh dari Motor yang Aman

Ilustrasi Jatuh dari Motor-Humas Sinsen-

JEKTVNEWS.COM -Berkendara dengan sepeda motor memang menyenangkan, namun setiap pengendara harus siap dengan resiko terjatuh saat mengendarainya. 

Instruktur Safety Riding Honda PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Agung Sanjaya mengatakan untuk meminimalisir dampak negatif terhadap kondisi tubuh kita, ternyata ada teknik khusus yang aman bila kondisi terjatuh dari sepeda motor sudah tidak dapat dihindari lagi. 

BACA JUGA:Hari Ini, Gunung Api Keluarkan 12 Kali Lava Pijar Pagi

Berikut teknik yang aman saat terjatuh dari sepeda motor :

1. Lepaskan diri dari sepeda motor

Pada beberapa kondisi ketika kita terjatuh dan masih berpegangan pada sepeda motor atau tidak melepaskannya, justru hal tersebut memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi. 

“Karena pengendara sepeda motor akan beresiko tertimpa, terhantam, terseret, atau bahkan mengalami luka bakar apabila motor kita terbakar karena gesekan akibat terjatuh. Itu kenapa pentingnya untuk melepaskan diri dari motor agar terhindar dari terjadinya hal-hal tersebut” ujar Agung.

BACA JUGA:Ingin Digit Gaji 2 Juta, PT KAI Buka Lowongan Buat Putra Putri Terbaik Indonesia

2. Berguling

Usahakan jatuh dengan posisi berguling agar dapat mengurangi efek dari benturan terhadap permukaan jalan. Lipat tangan di bagian dada dengan posisi memeluk melingkari tubuh.

Menunduk dengan dagu menempel pada dada. Saat berguling, usahakan untuk jatuh dengan bagian punggung belakang lebih dahulu, untuk mengurangi dampak yang lebih buruk terhadap tubuh. 

3. Berguling ke Sisi Kiri Jalan 

Setelah melepaskan sepeda motor, sebaiknya pengendara mengarahkan atau menggulingkan tubuh ke kiri jalan. Hal ini lebih minim resiko karena sisi lalu lintas disebelah kiri jalan tidak seramai sisi kanan jalan. 

BACA JUGA:Solusi Bagi Honorer, Pemerintah dan DPR Bahas Penambahan Status ASN

Sumber: