Bahaya!! 3 Dampak Bisa Terjadi Kalau Tubuh Kekurangan Vitamin K

Bahaya!! 3 Dampak Bisa Terjadi Kalau Tubuh Kekurangan Vitamin K

Vitamin K-jovee-

JEKTVNEWS.COMVitamin K merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh dalam proses pembekuan darah yang sangat penting bagi metabolisme tubuh. Jenis dari Vitamin K sendiri ada dua, yaitu vitamin K1 dan K2.

Vitamin K terkandung secara alami di dalam sayuran dan buah-buahan seperti bayam, kale, brokoli, delima, tomat, dan anggur. Selain itu kandungan vitamin ini ada pada ikan, daging, hati, serta kuning telur.

BACA JUGA:Ingin Digit Gaji 2 Juta, PT KAI Buka Lowongan Buat Putra Putri Terbaik Indonesia

Sebenarnya gejala kurang vitamin K cukup mudah dikenali. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, berikut gejala kurang vitamin K antara lain:

1. Darah Pada Luka Sulit Membeku

Salah satu gejala kurang vitamin K yang paling terlihat, yaitu perdarahan sulit berhenti atau membutuhkan waktu lebih lama.

BACA JUGA:5 Manfaat Bayam Bagi Kesehatan Serta Kandungan Nutrisinya

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Florida, Amerika Serikat, saat darah pada luka Anda tidak membeku dengan cepat, maka akan berakibat pada tubuh yang kehilangan banyak darah. Tentu hal tersebut sangat berbahaya. Bahkan bisa mengancam nyawa.

2. Gumpalan Darah di Bawah Kuku

Timbulnya kondisi ini dapat disebabkan ketika darah bocor atau bengkak, terutama dari bagian pembuluh darah kecil yang mengalir naik turun pada dasar kuku.

BACA JUGA:Solusi Bagi Honorer, Pemerintah dan DPR Bahas Penambahan Status ASN

Ciri dari gumpalan darah di bawah kuku tersebut memiliki warna biru gelam dan bisa saja cenderung hitam. Sebenarnya, gejala kurang vitamin K ini juga disebabkan kondisi darah yang sulit membeku.

3. Mudah Memar

Mungkin beberapa orang pernah mengalami memar dan tak kunjung hilang. Hal tersebut bisa jadi gejala kurang vitamin K. Memar sendiri terjadi ketika darah terperangkap di bawah kulit, biasanya karena dampak yang merusak pembuluh darah kecil.

Sumber: