Ini Langkah Mudah Merawat Ban Sepeda Motor Agar Semakin Awet

Ini Langkah Mudah Merawat Ban Sepeda Motor Agar Semakin Awet

Ban Sepeda Motor-Humas Sinsen-

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Keamanan dan kenyaman dalam berkendara merupakan prioritas utama bagi para pengguna sepeda motor, salah satu yang merupakan komponen atau part dari sepeda motor yang harus diperhatikan para pengendara adalah ban.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan keberadaan ban digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk dapat meningkatkan percepatan untuk mempermudah pergerakan. 

BACA JUGA:Jungkook BTS Tampil di GMA Summer Concert Series 2023 dan Debut dengan Singel Solo

“Sementara itu, sebagian besar ban yang ada sekarang terutama yang digunakan untuk kendaraan bermotor diproduksi dari bahan karet sintetik” tambah Erfinando.

Berikut tips yang harus di perhatikan dalam merawat ban sepeda motor agar semakin awet :

1. Pastikan ukuran ban sesuai dengan standard yang ditentukan, penggunaan ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan masalah seperti kecelakaan dan ketidaknyamanan dalam berkendara.

BACA JUGA:MK Gelar Sidang Lanjutan Uji Formil UU Cipta Kerja

2. Selalu rutin membersihkan roda dan ban, ban yang kotor dan berpasir atau terdapat bahan kimia seperti minyak atau oli yang terkena saat berjalan dapat menyebabkan terjadinya slip dan menyebabkan kendaraan sulit dikendalikan.

3. Hindari membawa beban berlebih, beban yang berlebih dapat menyebabkan menurunnya performa ban sepeda motor menjadi tidak stabil.

4. Isilah angin pada ban sesuai dengan standard yang ditentukan, tekanan angin yang sesuai membuat kendaraan lebih stabil serta mudah dikendalikan.

BACA JUGA:MK Gelar Sidang Lanjutan Uji Formil UU Cipta Kerja

5. Gunakan nitrogen, penggunaan nitrogen membuat ban terasa lebih ringan dan performa lebih baik.

6. Hindari selalu pengereman mendadak, pengereman mendadak membuat ban bergesekan lebih keras dengan jalan sehingga membuat kondisi ban menjadi lebih cepat aus.

7. Pertimbangkan untuk menggunakan ban tubles. Penggunaan ban tubles dan nitrogen membuat performa roda lebih ringan dan baik.

Sumber: