Kemiri: Rempah Pribumi dengan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

Kemiri: Rempah Pribumi dengan Manfaat Kesehatan yang Luar Biasa

Kemiri rempah Indonesia yang kaya akan manfaat-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Kemiri merupakan rempah asli Asia, yang juga dikenal sebagai rempah serbaguna, biasanya digunakan sebagai bahan rempah makanan pokok di banyak masakan tradisional.

Kemiri menawarkan beragam manfaat kesehatan. Kemiri sendiri mengandung lemak sehat, tak lain  sebagai sumber asam lemak tak jenuh tunggal, asam lemak omega-3, dan vitamin E.

BACA JUGA:Biji Selasih, Si Hitam Kecil Untuk Formula Diet yang Berguna

Nutrisi ini berkontribusi pada kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Selain itu, kemiri merupakan sumber antioksidan yang hebat, yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Studi telah menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan di kemiri mungkin memiliki sifat anti-inflamasi, berpotensi menguntungkan individu dengan kondisi seperti radang sendi dan penyakit radang lainnya.

BACA JUGA:Lezat dan Sehat! Jamur Tiram Memiliki Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Studi terbaru yang dilakukan di Universitas Airlangga telah menjelaskan potensi kemiri untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Lemak tak jenuh kacang, khususnya asam lemak omega-3 dan omega-6, diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Selain itu, kemiri mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal, mirip dengan yang ditemukan dalam minyak zaitun.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Labu Kuning, Rendah Kalori dan Cocok Untuk Ibu Hamil

Lemak sehat tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko serangan jantung.

Sumber: