Harus Tahu, 7 Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Penderita Prostat

Harus Tahu, 7 Makanan yang Tidak Boleh di Konsumsi Penderita Prostat

Penderita Prostat-ist-

JEKTVNEWS.COM - Gangguan prostat bisa saja meningkat jika kamu tidak memperhatikan pola makan. Mulai dari peradangan prostat (prostatitis), pembesaran prostat jinak (BPH), hingga kanker prostat.

Dalam mencegah atau memperlambat perkembangannya, ada beberapa pantangan makanan penderita prostat yang sebaiknya diperhatikan.

Pantangan makanan penderita prostat 

BACA JUGA:10 Jam di Periksa di Bareskrim Polri, Panji Gumilang : Bisa Dijawab dengan Baik

Berikut adalah daftar pantangan makanan untuk penderita sakit prostat:

1. Daging merah

Daging merah, terutama yang dimasak dengan suhu tinggi (seperti, dipanggang) dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat. Apa alasannya?

Daging merah memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Namun bahan pangan juga ditemukan heterocyclic amines (HCAs) yang termasuk karsinogen alias zat pemicu kanker. 

BACA JUGA:Bahaya!! Melihat Gadget di Pagi Hari dapat Penurunan Produktivitas

2. Makanan olahan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengemukakan bahwa daging merah dan daging olahan dikaitkan dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Oleh sebab itu, sebaiknya jauh atau batasi konsumsi asupan tersebut.

Pantangan makanan untuk penderita prostat berikutnya adalah makanan olahan. Misalnya, sosis, bakso, bacon, ham, salami, dan pepperoni.

3. Susu dan produk turunannya

Mengonsumsi susu dan produk turunannya dalam jumlah yang banyak dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Hal ini didukung oleh penelitian dalam Journal of Nutrition, yang menunjukkan bahwa mengonsumsi whole milk bisa mempertinggi risiko berkembangnya kanker prostat.

Selain itu, beberapa produk susu dan olahannya yang harus dihindari untuk meminimalisir risiko kanker prostat. Contohnya keju, yoghurt, es krim, mentega, serta krim keju yang tinggi lemak. 

Sumber: