7 Daftar Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Indonesia Urutan Berapa?

7 Daftar Mata Uang Terendah di Dunia, Rupiah Indonesia Urutan Berapa?

Daftar mata uang terendah di dunia-Pixabay-

JEKTVNEWS.COM - Mata uang adalah suatu alat pembayaran sah yang digunakan sebagai alat transaksi ekonomi dalam suatu negara dengan nilai berupa uang.

Tiap-tiap negara memiliki jenis mata uang yang berbeda dan tentu mempunyai nilai yang berbeda pula. Saat ini sebagai standar pembanding mata uang adalah dolar Amerika Serikat (USD) yang paling banyak digunakan di pasar global.

BACA JUGA:Pertandingan Sepakbola, Kota Jambi Targetkan Jadi Juara Umum di Porpov Jambi XXIII

Adapun mata uang dengan nilai terkuat bukanlah Amerika Serikat melainkan Dinar Kuwait (KWD). Lalu apa saja mata uang yang memiliki nilai terendah di dunia, berikut adalah 7 daftar mata uang terendah di dunia:

1. Rial Iran - Mata uang Iran, Rial, saat ini adalah mata uang terendah di dunia. Pada Juli 2023, 1 USD setara dengan sekitar 42.000 Rial Iran.

2. Dong Vietnam - Mata uang Vietnam, Dong, juga termasuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Pada Juli 2023, 1 USD setara dengan sekitar 23.000 Dong Vietnam.

3. Rupiah Zambia - Mata uang Zambia, Rupiah, juga termasuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Pada Juli 2023, 1 USD setara dengan sekitar 22.000 Rupiah Zambia.

BACA JUGA:Harga BBM Naik, Pengguna Kendaraan di Seluruh Indonesia Terkena Dampaknya

4. Rupiah Indonesia - Mata uang Indonesia, Rupiah, adalah salah satu mata uang terendah di dunia. Pada Juli 2023, 1 USD setara dengan sekitar 15.000 Rupiah Indonesia

5. Shilling Tanzania - Mata uang Tanzania, Shilling, juga termasuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Pada Juli 2023, 1 USD setara dengan sekitar 2.300 Shilling Tanzania.

6. Kwacha Malawi - Mata uang Malawi, Kwacha, juga termasuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Pada Juli 2023, 1 USD setara dengan sekitar 1.000 Kwacha Malawi.

7. Shilling Uganda - Mata uang Uganda, Shilling, juga termasuk dalam daftar mata uang terendah di dunia. Pada Juli 2023, 1 USD setara dengan sekitar 4.000 Shilling Uganda.

 

BACA JUGA:Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 10 : Meningkatkan Mutu Pendidikan

Mata uang-mata uang ini memiliki nilai yang rendah karena faktor-faktor seperti inflasi, ketidakstabilan ekonomi, dan kurangnya permintaan internasional.

Namun, meskipun nilai mata uang ini rendah, mereka masih memiliki nilai dan penting bagi negara-negara yang menggunakannya.

Sumber: