Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 10 : Meningkatkan Mutu Pendidikan

Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 10 : Meningkatkan Mutu Pendidikan

Guru Penggerak-klikpendidikan-

JEKTVNEWS.COM - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan surat edaran penting bagi guru dan kepala sekolah di seluruh jenjang pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, SMA/SMK.

Surat edaran bernomor 1770/B3/GT.00.08/2023 yang diterbitkan pada tanggal 19 Juni 2023 lalu menginformasikan tentang rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 10 Reguler.

Program ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang telah diluncurkan sebelumnya.

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode ke-5 yang mengangkat peran guru penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Riset dan Teknologi akan menyelenggarakan Pendidikan guru penggerak (PGP).

BACA JUGA:Mematikan! Aneurisma Penyebab Jo Lindner Meninggal Dunia

Tujuan dari program ini adalah untuk menghasilkan guru penggerak yang mampu menggerakkan komunitas belajar di sekolah dan wilayahnya, serta menumbuhkan kepemimpinan siswa dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Pelaksanaan PGP Angkatan 10 direncanakan akan dilakukan pada awal tahun 2024 selama 6 bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring dan plural. Untuk itu, langkah awal yang dilakukan adalah pelaksanaan rekrutmen Calon Guru Penggerak reguler melalui tahapan seleksi.

Surat edaran tersebut juga memberikan informasi penting terkait pendaftaran PGP yang harus diketahui oleh para guru dan kepala sekolah. Sasaran calon peserta PGP Angkatan 10 sejumlah 55.000 peserta.

Kriteria calon guru penggerak antara lain meliputi guru ASN maupun non-ASN baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Selain itu, kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Registrasi Kepala Sekolah (NRKS) juga dapat mendaftar untuk menjadi calon guru penggerak.

Dalam proses rekrutmen calon guru penggerak Angkatan 10 ini, dilakukan dua tahap seleksi. Tahap pertama meliputi registrasi, pemberkasan, pengisian essay, pengunggahan RPP, penilaian portofolio, dan penilaian essay.

Tahap kedua terdiri dari penilaian simulasi mengajar dan wawancara. Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 17 Juli 2023 hingga 4 Agustus 2023.

Para guru dan kepala sekolah yang memenuhi kriteria diharapkan untuk mempersiapkan diri guna memanfaatkan kesempatan ini.

BACA JUGA:Proses Drawing Grup Piala Dunia U-17 2023: Timnas U-17 Indonesia dapat Keistimewaan

Tim rekrutmen calon guru penggerak telah dibekali dengan pelatihan dan dijamin kualitasnya sebagai tim asesor yang mengedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Informasi lebih lengkap mengenai proses rekrutmen calon guru penggerak Angkatan 10 dapat dilihat melalui laman resmi https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak/.

Sumber: