8 Warna yang Perlu di Ketahui Menurut Psikologi

8 Warna yang Perlu di Ketahui Menurut Psikologi

Ilustrasi Warna-Halodoc-

JEKTVNEWS.COM -  Berkaitan dengan psikologi warna, panjang gelombang yang berasal dari cahaya yang masuk dalam retina akan berubah menjadi rangsangan listrik sebelum sampai ke otak.

Inilah sebabnya, warna itu memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap emosi, suasana hati, dan perilaku seseorang. 

Namun, pengaruh dari suatu warna pada kondisi psikologi setiap individu akan berbeda. Tergantung pada jenis kelamin, usia, serta keadaan sosial budaya mereka. 

BACA JUGA:Bupati Anwar Sadat Tunai Shalat Idul Adha di Masjid Syekh Usman Tungkal

Memahami Psikologi Warna pada Kondisi Kejiwaan

Secara garis besar, warna terbagi menjadi dua bagian, yaitu warna dingin dan hangat. Jenis warna yang masuk dalam kelompok dingin adalah hijau, ungu, dan biru. Sementara itu, warna hangat adalah kuning, jingga, dan merah. Setiap warna tentu saja akan mempunyai pengaruh yang berbeda. 

Berikut penjelasannya:

1. Merah

Warna ini umumnya identik dengan arti kuat, percaya diri, gairah, atau berani. Selain bisa mencerminkan kegembiraan dan cinta, merah juga bisa menandakan hal negatif, seperti marah, bahaya, atau nafsu.

Dalam suatu penelitian, bila seseorang menatap warna merah, bisa terjadi aktivitas peningkatan detak jantung, sehingga membuat kita bernapas lebih cepat.

BACA JUGA:Pemerintah Provinsi Serahkan 7 Hewan Kurban di Idul Adha di Masjid Agung Al Falah

Menurut ahli konsultan warna sekaligus penulis buku More Alive With Color, ada hal-hal yang sebaiknya kamu perhatikan bila ingin mengenakan pakaian berwarna merah.

Kata si ahli, warna ini kurang tepat bila digunakan saat wawancara kerja. Sebab, warna ini bisa saja menimbulkan konflik saat negosiasi. Namun, dalam dunia profesional, warna merah memiliki kesan yang sangat kuat.

2. Merah muda

Sumber: