Tips Mengolah Sayur Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Tips Mengolah Sayur Agar Kandungan Gizinya Tidak Hilang

Ilustrasi memasak sayur-Mamasuka-

JEKTVNEWS.COM - Sayuran dikenal mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tubuh. Sering mengonsumsi Sayuran tentunya akan memberikan banyak manfaat.

Namun yang perlu diketahui, jika kandungan gizi dalam sayuran seperti vitamin C dan vitamin B kompleks juga mudah larut atau hilang. Sebab itu, perlu memperhatikan cara mengolah sayur yang tepat agar kandungan nutrisinya tidak hilang dan bisa diserap oleh tubuh secara maksimal.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Manfaat Ngemil Edamame untuk Program Diet

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti dalam mengolah sayur :

1. Jangan terlalu lama merebus sayuran

Saat memasak sayuran, pastikan untuk tidak merebusnya terlalu lama karena panas berlebih dapat menghilangkan nutrisi yang larut dalam air. Sebaiknya rebus sayuran hanya sampai matang tetapi tetap renyah. Untuk sayuran seperti brokoli atau kembang kol, direbus selama 3-5 menit sudah cukup.

2. Gunakan sedikit air saat merebus

Ketika merebus sayuran, gunakan jumlah air yang cukup untuk memasaknya, tetapi jangan terlalu banyak. Lebih sedikit air yang digunakan akan membantu menjaga kandungan nutrisi sayuran agar tidak terlalu banyak terlarut dalam air.

3. Pertahankan ukuran potongan sayuran

Memotong sayuran menjadi potongan kecil atau memarutnya sebelum dimasak dapat mempercepat waktu memasak. Ini membantu menjaga nutrisi tetap terjaga karena waktu kontak dengan panas menjadi lebih singkat.

BACA JUGA:Gurih dan Renyah, Ini 6 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Tubuh

4. Gunakan metode memasak yang cepat

Untuk mengurangi waktu pemaparan sayuran terhadap panas, metode memasak yang cepat seperti menumis, mengukus, atau menggunakan microwave lebih disarankan daripada merebus dalam waktu yang lama.

5. Simpan air rebusan sayuran

Jika memasak sayuran dengan merebusnya, jangan buang air rebusannya. Air tersebut mengandung beberapa nutrisi yang larut dalam air.  Kamu bisa menyimpannya dan menggunakannya sebagai basis sup atau kaldu untuk memaksimalkan pemanfaatan nutrisi.

6. Hindari penggunaan bumbu dan saus berlebihan

Saat memasak sayuran, hindari penggunaan bumbu atau saus berlebihan yang mungkin mengandung garam, gula, atau bahan tambahan lain yang dapat mengurangi nilai gizi sayuran.

7. Pilih sayuran segar

Sayuran segar cenderung memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi daripada sayuran yang sudah layu atau terlalu matang. Pilih sayuran dengan warna cerah, tekstur krispi, dan tanpa bercak coklat.

BACA JUGA:Simak! Ini Tips Mengonsumsi Coklat Tanpa Merusak Gigi

Dengan mengikuti tips-tips di atas,  berguna agar memasak sayuran dengan cara yang lebih optimal dapat menjaga kandungan gizinya tetap terjaga. Tetaplah eksperimen dan kreatif dalam memasak sayuran agar dapat menikmati variasi makanan yang sehat dan bergizi.

Sumber: