Pandangan Ulama Terhadap Kurban dengan Hewan Betina, Apakah Boleh?

Pandangan Ulama Terhadap Kurban dengan Hewan Betina, Apakah Boleh?

Hewan kurban hari raya idul adha-Pixabay-

JEKTVNEWS.COM - Menjelang hari raya idul adha yang sudah dekat, perlu kamu ketahui jenis hewan apa saja yang boleh dikurbankan dan apa saja kriteria yang harus dipenuhi.

Seringkali kita bertanya-tanya apakah boleh berkurban dengan hewan betina atau hanya hewan yang jantan saja.

BACA JUGA:Ketahui Begini Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Arafah Sebelum Idul Adha

Telah disampaikan para ulama sepakat bahwa berkurban hanya dibolehkan hewan ternak yaitu sapi, kerbau, domba, kambing dengan berbagai jenisnya dan unta.

Dalm kitab Fiqih Islam wa Adilathuhu Juz 4 bahwa hewan kurban diperbolehkan baik itu jantan maupun betina. Dalam Al-Quran Allah telah menjelaskan dalam Surah Al-Hajj:34 bahwa tidak boleh kurban dengan selain hewan ternak.

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ

Artinya: “Bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas binatang ternak yang dianugerahkan-Nya kepada mereka. Robbmu ialah Robb Yang Maha Esa. Maka, berserah dirilah kepada-Nya. Sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang rendah hati lagi taat.”

BACA JUGA:Ini Jadwal Puasa Arafah dan Puasa Tarwiyah untuk PP Muhammadiyah Serta Pemerintah

Lebih lanjut, mazhab Syafi’i berpandangan bahwa hewan kurban yang paling utama adalah unta baik jantan maupun betina, kemudian sapi, domba dan kambing.

Hal ini dikarenakan melihat dari sisi hewan kurban yang mempunyai daging paling banyak sehingga jadi lebih bermanfaat.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Aisyah RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

BACA JUGA:Resep Masakan Sayur Bening Daun Kelor, Cocok Banget Bagi Ibu Menyusui!

“Tidak ada amalan manusia pada hari raya kurban yang dicintai Allah melebihi amalan mengalirkan darah (menyembelih hewan). Sesungguhnya hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulu, dan kuku-kukunya. Sungguh, sebelum darah kurban itu mengalir ke tanah pahalanya telah diterima di sisi Allah. Oleh sebab itu, tenangkanlah jiwa kalian dengan berkurban.”

Sumber: