Batuk Berdahak? Ini Tips Pengobatannya Secara Alami

Batuk Berdahak? Ini Tips Pengobatannya Secara Alami

Jahe Ampuh Sebagai Obat Herbal-Halodoc -

JEKTVNEWS.COM - Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat membantu mengatasi batuk berdahak:

1. Madu

Madu alami memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat meredakan iritasi tenggorokan dan mengurangi batuk. Campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat atau tambahkan ke teh herbal. Minum campuran ini beberapa kali sehari untuk mengurangi batuk berdahak.

2. Jahe

Jahe memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan batuk dan melonggarkan dahak. bisa membuat teh jahe dengan merebus beberapa potong jahe segar dalam air selama beberapa menit, kemudian saring dan tambahkan sedikit madu. Minum teh jahe ini beberapa kali sehari.

BACA JUGA:Kenali Faktor yang Menyebabkan Rabun Jauh dan Cara Mengatasinya

3. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan ekspektoran alami yang membantu melonggarkan dahak dan meredakan batuk berdahak. Konsumsilah beberapa siung bawang putih mentah setiap hari atau tambahkan bawang putih cincang ke dalam makanan.

4. Teh Herbal

Beberapa jenis teh herbal seperti teh peppermint, teh thyme, atau teh sage dapat membantu meredakan batuk berdahak. Minum teh herbal ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Minyak Esensial

Beberapa minyak esensial seperti minyak eukaliptus, minyak peppermint, atau minyak cengkeh memiliki sifat antiseptik dan ekspektoran yang dapat membantu mengurangi batuk berdahak.

Kamu juga dapat menghirup uap minyak esensial dengan menambahkan beberapa tetes ke dalam air panas dan menghirup uapnya, atau mencampurkan minyak esensial dengan minyak pembawa seperti minyak kelapa dan menggosokkannya di dada dan punggung.

BACA JUGA:Resep Masakan Sayur Bening Daun Kelor, Cocok Banget Bagi Ibu Menyusui!

6. Air Garam Hangat

Berkumurlah dengan air garam hangat beberapa kali sehari. Ini dapat membantu membersihkan lendir dan dahak yang terperangkap di tenggorokan.

Sumber: