Operasi bariatrik efektif dalam penurunan berat badan

Operasi bariatrik efektif dalam penurunan berat badan

Operasi bariatrik efektif dalam penurunan berat badan-Freepik-

JEKTVNEWS.COM - Operasi bariatrik merupakan  cara  medis yang bertujuan untuk mengurangi berat badan pada pasien yang memiliki obesitas atau kelebihan berat badan yang berbahaya bagi kesehatan mereka.

Cara ini juga dikenal dengan sebutan operasi pengurangan berat badan.

BACA JUGA:Wajib Tahu! 7 Cara Melatih Fokus Pada Berbagai Hal

Operasi bariatrik dilakukan dengan cara memodifikasi sistem pencernaan pasien. Ada beberapa jenis operasi bariatrik, seperti gastrik bypass, sleeve gastrectomy, dan adjustable gastric banding.

Setiap jenis operasi memiliki tujuan yang sama, yaitu menurunkan berat badan pasien dan meningkatkan kesehatannya.

Prosedur operasi bariatrik biasanya dilakukan pada pasien yang sudah mengalami kelebihan obesitas namun tidak dapat turun juga setelah melakukan usaha penurunan berat badan.

BACA JUGA:Dampak Bahaya Operasi Bariatrik, Sering Dijadikan Jalan Pintas Untuk Menurunkan Berat Badan

Prosedur bariatrik  bekerja dengan mengecilkan ukuran perut, membatasi jumlah makanan yang bisa dikonsumsi, dan mengubah cara tubuh menyerap nutrisi.

Akibatnya, pasien mengalami penurunan berat badan yang signifikan dan peningkatan kesehatan mereka secara keseluruhan.

Operasi bariatrik atau operasi penurunan berat badan semakin menjadi pilihan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, operasi ini memiliki risiko yang cukup tinggi, terutama pada pasien dengan kondisi kesehatan yang buruk.

BACA JUGA:Uwais Al-Qarni, Pemuda Fakir Miskin Yaman yang Sangat Istimewa di Mata Rasulullah

Menariknya berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of the American Medical Association (JAMA), pasien yang menjalani operasi bariatrik memiliki risiko kematian yang lebih tinggi daripada pasien yang tidak menjalani operasi tersebut.

Sumber: