20 Juni, Memperingati Hari Pengungsi Sedunia

20 Juni, Memperingati Hari Pengungsi Sedunia

Ilustrasi Hari Pengungsi Sedunia-iStock-

JEKTVNEWS.COM - Tanggal 20 Juni diperingati sebagai Hari Pengungsi Sedunia setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang situasi pengungsi di seluruh dunia dan menghormati keberanian, ketabahan, dan ketahanan pengungsi.

Ini juga merupakan kesempatan untuk memperjuangkan hak asasi manusia pengungsi dan mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang tantangan yang dihadapi oleh mereka.

BACA JUGA:Perbedaan Penetapan Idul Adha, Wapres Ma'ruf Amin Minta Disikapi dengan Toleransi

Peringatan Hari Pengungsi Sedunia dimulai pada tahun 2001 oleh Dewan PBB untuk Pengungsi (UNHCR) untuk menghormati tanggal yang dicanangkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 2000.

Pada Hari Pengungsi Sedunia, berbagai kegiatan diadakan di seluruh dunia, termasuk konferensi, seminar, pameran, dan kampanye sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang isu pengungsi dan memobilisasi dukungan untuk mereka.

BACA JUGA:Segera Berstatus Endemi Covid-19, Presiden Jokowi : Masuk Endemi Sakit Covid-19 Bayar

Peringatan ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat global untuk menyampaikan solidaritas dengan pengungsi dan mengambil tindakan konkret untuk membantu mereka. Bantuan dapat berupa sumbangan dana, dukungan politik, advokasi untuk kebijakan yang melindungi hak-hak pengungsi, serta partisipasi dalam program sukarelawan di lembaga-lembaga yang membantu pengungsi.

BACA JUGA:Segera Daftar! PT Kalbe Farma Buka Lowongan Pekerjaan, Mulai Daftar Online Disini

Penting untuk mengingat bahwa pengungsi adalah individu yang telah terpaksa meninggalkan rumah mereka karena kekhawatiran akan kehidupan, kebebasan, atau keselamatan mereka akibat konflik bersenjata, kekerasan, pelanggaran hak asasi manusia, atau bencana alam.

Hari Pengungsi Sedunia merupakan kesempatan bagi kita semua untuk memperjuangkan perlindungan dan keadilan bagi mereka yang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan mencari perlindungan di tempat lain.

Sumber: