Rambut Putih Saat Usia Masih Muda? Ketahui Ini Penyebabnya

Rambut Putih Saat Usia Masih Muda? Ketahui Ini Penyebabnya

Ilustrasi Rambut Putih Saat Usai Muda-Halodoc-

JEKTVNEWS.COM - Rambut putih pada usia muda, atau yang biasa disebut uban prematur, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab umum Rambut putih pada usia muda:

1. Genetika

Faktor genetik merupakan salah satu penyebab utama rambut putih pada usia muda. Jika ada riwayat keluarga dengan uban prematur, kemungkinan juga akan mengalaminya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini Pentingnya Peran Asisten Dokter

2. Stres

Stres kronis dapat mempengaruhi produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Tingkat stres yang tinggi dan berkelanjutan dapat menyebabkan rambut berubah menjadi putih lebih awal.

3. Kekurangan nutrisi

Kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin B12, vitamin E, tembaga, dan selenium, dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan menyebabkan rambut beruban lebih cepat.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Teknologi Jika Digunakan Secara Positif oleh Manusia

4. Penyakit autoimun

Beberapa penyakit autoimun, seperti alopesia areata dan vitiligo, dapat mempengaruhi pigmen rambut dan menyebabkan rambut berubah menjadi putih.

5. Penggunaan produk kimia

Penggunaan produk kimia keras pada rambut, seperti pewarna rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya, dapat merusak melanin dan menyebabkan rambut beruban lebih awal.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Teknologi Jika Digunakan Secara Positif oleh Manusia

Sumber: