Wajib Tau! Ini Pentingnya Mencuci Tangan Secara Benar

Wajib Tau! Ini Pentingnya Mencuci Tangan Secara Benar

Ilustrasi mencuci tangan-Shutterstock-

JEKTVNEWS.COM - Mencuci tangan merupakan suatu kegiatan sederhana namun mampu membantu melindungi dari berbagai penyakit. Hal ini juga menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan.

Kegiatan mencuci tangan jangan dilakukan asal tapi perlu dilakukan secara benar agar efektif mencegah penularan penyakit.

BACA JUGA:Gangguan Tidur Hingga Kinerja Otak, Berikut Dampak Kafein Pada Kopi

Berikut ini beberapa manfaat cuci tangan jika dilakukan secara benar : 

1. Mencegah paparan penyakit

Proses perpindahan kuman berlangsung dengan sangat cepat dari satu orang ke orang lain atau lewat benda yang sudah terkontaminasi, termasuk melalui tangan. Jika kuman ini masuk ke dalam tubuh, patogen bisa mengganggu kinerja sistem kekebalan tubuh.

Hal ini, dapat menyebabkan reaksi karena infeksi akibat bakteri, kuman, serta virus. Dengan mencuci tangan dengan baik dan benar akan mencegah penyebarannya.

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan 5 sampai 10 kali per hari untuk mengurangi risiko infeksi menular.

2. Membunuh kuman dan mikroorganisme

Mikroorganisme tidak terlihat di telapak tangan, cara yang paling efektif untuk membasmi nya adalah dengan mencuci tangan. Walaupun tidak terlihat dengan mata telanjang, namun mereka hidup dan berkembang biak.

Mencuci tangan dengan sabun maupun hand sanitizer bisa menghilangkan patogen karena di dalamnya mengandung alkohol dan triclosan.  Namun, penggunaan sabun dinilai lebih efektif melawan aktivitas bakteri.  

3. Menghemat pengeluaran 

Menjalani kebiasaan hidup sehat dengan membiasakan mencuci tangan dapat mencegah penyakit yang ditularkan lewat patogen.

Penyakit yang ditularkan ini tentunya beragam, Mulai dari yang ringan hingga yang berat. Semakin parah penyakit nya akan semakin besar biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan. menghemat biaya pengobatan. 

Oleh karena itu, menjaga kebersihan secara langsung dan simple dengan rajin mencuci tangan dapat mecegah terjadinya sesuatu yang dapat berdampak besar.

BACA JUGA:Bisa Menurunkan Tekanan Darah, Inilah Manfaat Bunga Telang yang Jarang Diketahui!

4. Memutus pandemi

Selama pandemi covid-19 yang pernah menyerang hampir di seluruh penjuru dunia, rajin mencuci tangan adalah salah satu prosedur yang diwajibkan oleh pemerintah selain menggunakan masker. Hal ini terbukti sangat efektif dilakukan untuk memutus rantai pandemi dan perlindungan diri.

5. Mencegah resistensi antibiotik

Mencuci tangan dengan rajin merupakan cara yang efektif agar tidak perlu mengonsumsi antibiotik untuk mengatasi masalah bakteri. Patogen penyebab diare dan influenza dapat diberantas hanya dengan mencuci tangan.

Sumber: