Bisa Menurunkan Tekanan Darah, Inilah Manfaat Bunga Telang yang Jarang Diketahui!

Bisa Menurunkan Tekanan Darah, Inilah Manfaat Bunga Telang yang Jarang Diketahui!

khasiat bunga telang-PxHere-

JEKTVNEWS.COMSiapa sangka bunga ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya daun atau buah saja, beberapa bunga dipercaya memiliki khasiat tertentu.

BACA JUGA:Hati Hati! Ini 7 Dampak Negatif Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Salah satunya bunga telang yamg memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea dan memiliki warna biru yang cukup unik.

Bunga telang ini tersebar di beberapa area tropis seperti asia tenggara tak terkecuali indonesia yang menjadi habitat dari bunga telang yang memiliki warna unik. Bunga talang juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami untuk makanan dan minuman, khususnya pewarna biru keunguan.

Manfaat lain dari bunga telang yakni sering diolah dalam pembuatan the ataupun minuman segar dan berikut dibawah ini beberapa khasiat dari bunga talang.

· Memiliki senyawa antiinflamasi

Senyawa antiinflamasi merupakan senyawa yang dapat membantu mengurangi sakit radang/peradangan dalam berbagai kondisi, dan senyawa ini juga terdapat dalam kandungan bunga telang.

BACA JUGA:Fakta Menarik Seputar AI: Perkembangan Teknologi yang Pesat

· Perawatan kulit

Manfaat lain dari bunga telang adalah ekstrak bunganya yang sering digunakan dalam beberap produk kesehatan untuk perawatan kulit karena memiliki manfaat dalam melindungi dan menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

· Menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan khasiat lain dari bunga telang yaitu dapat memiliki senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

· Mengandung antioksidan

Seringkali di dalam tubuh kita terdapat senyawa beracun dan radikal bebas, bunga telang memiliki manfaat yang dapat melindungi jaringan sel didalam tubuh dari kerusakan oksidatif karena mengandung senyawa antioksidan.

BACA JUGA:Bantai Habis Dua Gim, Anthony Ginting Juara Singapore Open 2023

Itulah beberapa manfaat bunga telang bagi kesehatan, perlu kita ketahui juga disamping khasiatnya yang banyak penting juga bagi kita untuk tetap konsultasi ke pelayanan sehat atau dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang sebagai obat tanaman.

Sumber: