Sering Menggunakan Softlens? Ini Tips Aman Menggunakannya

Sering Menggunakan Softlens? Ini Tips Aman Menggunakannya

Ilustrasi penggunaan Softlens -Tokopedia-

JEKTVNEWS.COM - Softlens atau sering disebut lensa kontak termasuk jenis alat bantu penglihatan. Selain untuk menjadi alat bantu penglihatan, Softlens juga dapat mempercantik tampilan mata.

Jaman sekarang, banyak orang yang menggunakannya bahkan hampir setiap hari,  hal ini dilakukan selain karna kebutuhan juga untuk menunjang penampilan. Softlens sendiri tersedia dalam berbagai jenis warna, motif, hingga ukuran.

BACA JUGA:Amankah Makan Durian Saat Hamil? Ini Faktanya

Namun, amankah penggunaan softlens ini? Sebelum menggunakannya, pastikan untuk memperhatikan bahayanya terlebih dulu. Karena penggunaan yang salah bisa berisiko menyebabkan mata kering hingga iritasi.

Berikut ini beberapa tips untuk menggunakan softlens dengan aman : 

1. Menyesuaikan dengan kondisi mata

Penggunaan softlens yang kurang tepat dapat memicu munculnya rasa tidak nyaman. Maka sebaiknya konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum membelinya dan beri juga beri tau jika memiliki riwayat mata sensitif.

2. Menjaga kebersihan mata

Sebelum memasang softlens, rendam dulu di dalam air khusus untuk menjaga kebersihan dan kelembapannya. selain itu, diwajibkan untuk membersihkan tangan terlebih dulu dengan sabun dan air yang mengalir karena tangan harus dalam kondisi steril.

3. Perhatikan waktu pemakaian

Softlens aman digunakan dengan waktu 8 jam. Jika lebih dari itu, bisa berpotensi membahayakan kesehatan mata. Hal ini disebabkan karena softlens kontak langsung dengan bola mata sehingga dapat meningkatkan risiko paparan parasit, kuman, dan virus.

BACA JUGA:Kenali Penyebab Sakit Tenggorokan dan Pencegahannya

4. Perlengkapan wajib softlens

Kentika membeli softlens, pastikan juga untuk melengkapi peralatan wajibnya. Seperti obat tetes mata, cairan khusus softlens dan tempat khusus. Sehingga, softlens jadi lebih aman saat dipakai.

5. Hindari lingkungan berdebu

Ketahui bahwa debu bisa menempel pada permukaan softlens. Bukan hanya dapat memicu ketidaknyamanan, tetapi juga akan berdampak buruk pada kualitas penglihatan. Utuk meminimalisir paparan debu, sebaiknya gunakan kacamata pada saat bepergian.

6. Sesuaikan fungsinya

Ketika ingin menggunakan softlens sesuaikan juga dengan fungsinya, Jika berfungsi untuk membantu penglihatan pada pengidap minus, maka pilih lah minus yang sesuai. Sesuaikan juga diameter softlens dengan kornea mata agar terasa nyaman saat digunakan.

BACA JUGA:Yuk Kenali! Apa Itu Sorry Syndrome dan Cara Mengatasinya

Sementara itu, biasanya dampak sering terjadi jika menggunakan softlens dengan cara yang salah. Seperti pengunaannya yang terlalu lama, tangan tidak steril sebelum memakainya dan tidak membersihkan softlens setelah digunakan. Selama dipakai dengan cara yang benar, penggunaan softlens bukanlah sesuatu yang membahayakan.

Sumber: