Waw! Ini 7 Manfaat Jamur Enoki yang Jarang Diketahui

Waw! Ini 7 Manfaat Jamur Enoki yang Jarang Diketahui

Kamur Enoki-Ners Unair-

JEKTVNEWS.COM - Jamur enoki atau enokitake merupakan jenis jamur yang memiliki rasa lezat dan kerap ditemui pada masakan oriental. Jamur berbentuk seperti lidi dengan topi dan juga seperti tauge.

Jamur enoki mengandung serat yang tinggi dan rendah lemak. Jamur ini juga mengandung nutrisi makro dan mikro yang lengkap.

BACA JUGA:Kenali 5 Jenis Bintik Merah Pada Bayi, Nomor 4 Harus di Waspadai

Selain itu, Jamur enoki (Flamulina velutipes) memiliki kandungan vitamin B dan serat yang cukup tinggi. Jamur enoki juga mengandung antioksidan seperti gallic acid, quercetin, ferulic acid, caffeic acid, chlorogenic acid, ellagic acid, dan pyrogallol.

Dilansir dari halodoc, Berikut ini adalah manfaat Jamur enoki yang baik untuk kesehatan: 

1. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Menurut penelitian, kandungan yang terdapat di dalam jamur enoki bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Namun, penelitian ini masih terus di dalami.

2. Menjaga kesehatan jantung

Menurut penelitian yang telah dilakukan terhadap hewan, penggunaan jamur enoki bubuk dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida yang akan menyebabkan gangguan kesehatan jantung.

3. Meningkatkan fungsi otak

Jamur enoki dapat meningkatkan kesehatan otak karena mengandung antioksidan yang mampu mengoptimalkan fungsi otak. Otal yang berfungsi optimal akan membuat kemampuan fokus dan konsentrasi menjadi lebih baik.

BACA JUGA:Ini Kelompok Orang yang Tidak Boleh Melakukan Donor Darah, Simak Penjelasannya

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan antioksidan pada jamur enoki mampu meningkatkan imun tubuh serta melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Dengan imun tubuh yang optimal, sehingga akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

5. Menurunkan kolesterol

Jamur enoki mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung serat di dalamnya. kadar kolesterol yang terkontrol dengan baik, akan terhindar dari risiko penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah.

6. Mencegah diabetes

Kandungan serat yang cukup baik di dalam jamur enoki dapat membantu mengontrol kadar gula darah sehingga akan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2.

7. Menurunkan risiko stres oksidatif

Antioksidan yang terkandung di dalam jamur ini juga mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat memicu stres oksidatif.

BACA JUGA:Sakit Pinggang Bagian Belakang Pada Usia Muda, Kenali Penyebabnya

Sumber: