Kenali 5 Jenis Bintik Merah Pada Bayi, Nomor 4 Harus di Waspadai

Kenali 5 Jenis Bintik Merah Pada Bayi, Nomor 4 Harus di Waspadai

ilustrasi bintik merah pada bayi-Orami-

JEKTVNEWS.COM - Kulit bayi yang sensitif menyebabkan rentan terjadinya bintik merah. bintik merah pada bayi memiliki jenis yang beragam dan cara mengatasinya pun juga harus sesuai dengan jenisnya.

Biasanya penyebab bintik merah pada bayi ini adalah biang keringat. Tapi, ada penyebab lain yang perlu diwaspadai seperti meningitis. 

BACA JUGA:Sakit Pinggang Bagian Belakang Pada Usia Muda, Kenali Penyebabnya

Untuk mengatasi masalah ini, orang tua harus cermat agar penanganan nya sesuai dengan jenis masalahnya dan proses penyembuhannya bisa lebih optimal.

Dilansir dari halodoc, Berikut ini cara mengatasi bintik merah pada bayi sesuai dengan jenisnya:

1. Biang Keringat

Cuaca panas atau ketika bayi mengenakan pakaian tebal yang menyebabkan keringat ini merupakan penyebab yang paling sering tejadi. Biang keringat muncul saat bayi merasa gerah dan berkeringat.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan mengenakan pakaian yang berbahan sejuk dan tipis agar bayi tidak merasa kepanasan sampai berkeringat.

Tidak masalah membiarkan bayi tidur hanya dengan menggunakan popok dan satu lapisan pakaian saja  jika cuaca sedang panas. Menggunakan pendingin ruangaan juga tidak masalah tujuan nya agar ada sirkulasi udara.

Selain itu, untuk mengatasi biang keringat bisa memandikan bayi dengan menggunakan sabun khusus biang keringat. 

2. Jerawat Bayi

Jerawat bayi atau disebut jerawat neonatal ini umum terjadi pada bulan pertama usia bayi. Jerawat bayi ini terlihat seperti bintik atau benjolan kecil yang berwarna merah. Biasanya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya jika bayi rutin dibersihkan secara lembut.

Namun, jika kondisi ini berlangsung lama lebih dari tiga atau empat bulan dan dirasa mengkhawatirkan, segera konsultasi ke dokter.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini 10 Makanan Sumber Kalsium

3. Roseola

Roseola merupakan jenis bintik-bintik merah yang lebarnya sekitar 2-3 milimeter. Untuk mengatasi kondisi seperti ini cukup  memberikan bayi cairan yang banyak, istirahat yang cukup, dan obati demam pada bayi.

4. Meningitis

Kondisi ini dapat terjadi karena selaput di sekitar otak dan sumsum tulang belakang meradang. Kondisi ini merupakan masalah serius dan harus ditangani dengan cepat.

Meningitis yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 7-10 hari. Namun, meningitis yang disebabkan oleh bakteri harus segera mendapatkan penanganan medis. Untuk mengatasinya bisa diberikan antibiotik. 

5. Ruam Popok

Popok yang basah dan gesekan antara popok dengan kulit bayi dapat menyebabkan iritasi sehingga muncul lah ruam. Kondisi ini, biasanya bisa sembuh dengan sendirinya asal sering-sering mengganti popok bayi dan gunakan krim bayi yang mengandung zinc oxide yang berfungsi untuk mencegah gesekan dan iritasi kulit di area popok.

Untuk pencegahannya, pastikan kulit bokong bayi benar-benar kering sebelum memakai popok. Kemudian, pilih juga popok yang cocok dengan jenis kulit bayi.

BACA JUGA:Ini Kelompok Orang yang Tidak Boleh Melakukan Donor Darah, Simak Penjelasannya

Umumnya, bintik merah pada bayi ini tidak begitu berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun beberapa jenis bintik merah yang terjadi pada bayi merupakan indikasi infeksi atau kondisi kesehatan yang lebih serius. Jika merasa terjadi bintik merah yang parah, segera konsultasi ke dokter.

Sumber: