Ini Kelompok Orang yang Tidak Boleh Melakukan Donor Darah, Simak Penjelasannya

Ini Kelompok Orang yang Tidak Boleh Melakukan Donor Darah, Simak Penjelasannya

ilustrasi donor darah-Ksrpmi polije-

JEKTVNEWS.COM - Banyak manfaat yang di dapat ketika melakukan donor darah seperti menurunkan risiko penyakit kanker, jantung dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, sebagai pendonor dapat membantu orang yang sedang membutuhkan. Tetapi, yang perlu diketahui bahwa tidak semua orang dapat mendonorkan darahnya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini 10 Makanan Sumber Kalsium

Berikut ini beberapa kelompok orang yang tidak boleh melakukan donor darah:

1.Orang yang Mengidap Hipertensi

Salah satu syarat penting yang perlu dipenuhi calon pendonor darah adalah memiliki tekanan darah yang normal. Sehingga orang yang mengidap hipertensi tidak diperkenankan untuk melakukan donor darah. Donor darah baru bisa dilaksanakan jika tekanan darah orang tersebut sudah stabil. 

2.Orang dengan Berat Badan Kurang dari 45 Kg

Orang yang memiliki berat badan kurang dari 45 kg tidak bisa melakukan donor darah karena dianggap memiliki jumlah darah yang sedikit. Jumlah darah yang terdapat di dalam tubuh seseorang itu sesuai dengan proporsi berat dan tinggi badannya.

Orang yang memiliki berat badan kurang dari 45 kg lebih berisiko mengalami anemia, jadi Jika memaksakan untuk donor darah, dikhawatirkan kondisinya akan semakin memburuk.

3.Orang yang Mengidap Hepatitis B dan C

Bagi Orang yang mengidap atau memiliki riwayat hepatitis B dan C tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya. Dikarenakan hepatitis B dan C dapat ditularkan melalui darah. Meskipun sudah dinyatakan sembuh pun tetap tidak diperbolehkan untuk melakukan donor darah.

4.Orang yang Sedang Hamil

Orang yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan untuk melakukan donor darah. Karena dikhawatirkan sirkulasi darah pada rahim dapat berkurang dan bisa membuat janin menjadi stres.

Ibu hamil juga sangat rentan mengalami anemia sehingga jika tetap melakukan donor darah dikhawatirkan akan memperparah kondisinya.

Jika tetap ingin mendonorkan darah, harus menunggu sekitar 6 bulan setelah melahirkan hingga tubuh memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan kadar zat besi.

BACA JUGA:Ketahui Yuk! Dampak dari Efek Rumah Kaca Terhadap Pemanasan Global

5. Orang yang mengidap HIV

Sumber: