Penyimpanan Smartphonemu Sering Penuh? Coba Lakukan 5 Hal Ini!

Penyimpanan Smartphonemu Sering Penuh? Coba Lakukan 5 Hal Ini!

Ilustrasi menggunakan smartphone-creativemarket-

JEKTVNEWS.COM - Berbagai dokumen, foto, hingga data aplikasi kamu tentunya akan memakai banyak ruang penyimpanan pada gawaimu.

Bahkan setelah upgrade ke gawai dengan spesifikasi penyimpanan yang lebih besar pun tak jarang kamu masih mendapatkan notifikasi penyimpanan penuh.

Untuk mengatasinya penyimpanan gawai yang penuh kamu dapat mencoba cara berikut:

BACA JUGA:5 Juni Peringatan Hari Apa? Cek Faktanya

1. Menggunakan penyimpanan tambahan

Bagi kamu yang memiliki gawai dengan slot memori eksternal, kamu dapat menyelesaikan penyimpanan gawaimu hanya dengan menambahkan memori eksternal.

Tentunya cara ini lebih terjangkau dibandingkan kamu mengganti gawai baru dengan kapasitas memori internal lebih besar.

2. Menyortir aplikasi

Kamu dapat mengecek kembali aplikasi apa saja yang telah kamu instal.

Jika terdapat aplikasi yang tidak kamu gunakan, kamu dapat menghapusnya sehingga dapat mengosongkan sebagian memori internal gawaimu.

Kamu juga dapat memilah aplikasi yang sering kamu gunakan menjadi aplikasi prioritas. Jika kamu memiliki beberapa aplikasi permainan, kamu sebaiknya menyeleksi aplikasi yang lebih sering kamu mainkan dan lebih baik lagi permainan tersebut yang menggunakan memori internal lebih sedikit.

3. Membersihkan cache

Sepertinya kamu sudah cukup familiar dengan aplikasi yang diklaim dapat membersihkan gawaimu dari file yang tidak digunakan (cache) yang terkadang juga merupakan aplikasi anti virus.

Namun, tak cukup menggunakan aplikasi cleaner saja, akan lebih efektif jika kamu menghapus cache gawaimu secara manual.

BACA JUGA:Cek Fakta : Kalori di Dalam Segelas Bubble Tea

Cara menghapus cache pada sebagian besar gawai sama saja sehingga kamu dapat menyesuaikan jika terdapat sedikit perbedaan

berikut adalah salah satu cara menghapus cache di gawaimu:

· Buka pengaturan gawaimu

· Masuk ke bagian aplikasi/apps

· Setelah kamu melihat aplikasi apa saja yang ada di gawaimu, klik aplikasi tersebut satu persatu dan temukan file pemakaian penyimpanan/storage usage

· Pada pemakaian penyimpanan kamu akan menemukan cache yang perlu dihapus 

4. Menggunakan Google Drive

Jika kamu tidak dapat menggunakan memori eksternal kamu dapat menggunakan penyimpanan awan salah satunya yaitu Google Drive.

Selain dapat menambah penyimpanan pada gawaimu, menggunakan Google Drive juga dapat menyimpan cadangan dokumen ataupun file penting.

5. Mengelola foto dan video

Jika kamu memiliki waktu luang kamu dapat menyortir isi galerimu.

BACA JUGA:Peringatan Hari Kanker Anak Internasional

Penyimpanan penuh juga dapat disebabkan banyaknya video dan foto yang berada di dalam gawaimu baik yang kamu ambil sendiri ataupun yang berasal dari aplikasi lain seperto WhatsApp.

Kamu dapat menghapus video dengan ukuran besar jika sudah tidak memerlukannya lagi. Selain Google Drive kamu juga dapat menggunakan Google Photo untuk mengelola foto beserta penyimpanan gawaimu.

Pada Google Photo kamu dapat mencadangakn foto beserta videomu serta merapikannya dalam beberapa folder yang kamu inginkan.

Sumber: