Tanggal 5 Juni, Seluruh Dunia Peringati Hari Bebas Uap Asap Tembakau

Tanggal 5 Juni, Seluruh Dunia Peringati Hari Bebas Uap Asap Tembakau

ilustrasi Hari Tanpa Tembakau-ist-

JEKTVNEWS.COM - Setiap tahun, pada tanggal 5 Juni, dunia memperingati Hari Bebas Pemutihan Uap Asap Tembakau. Peringatan ini memiliki tujuan penting dalam meningkatkan kesadaran tentang bahaya merokok dan dampak negatifnya terhadap kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memimpin upaya global untuk memerangi kebiasaan merokok dan mempromosikan kehidupan bebas dari asap tembakau.

BACA JUGA:20 Manfaat dan Fakta Menarik Mendaki Gunung, Nomor 12 Sangat Dibutuhkan Tubuh

Merokok dan paparan terhadap asap tembakau diketahui menjadi penyebab utama berbagai penyakit serius, termasuk penyakit jantung, kanker paru-paru, dan penyakit pernapasan kronis.

Selain itu, asap tembakau juga berdampak negatif pada kesehatan perempuan hamil dan bayi yang belum lahir, serta dapat memperburuk kondisi kesehatan bagi orang yang menderita penyakit kronis seperti asma.

BACA JUGA:Sejarah Angkot: Sebuah Warna Moda Transportasi di Indonesia

Hari Bebas Pemutihan Uap Asap Tembakau menekankan pentingnya mengubah perilaku dan kebiasaan merokok bagi individu dan masyarakat.

Peringatan ini mengajak semua pihak, mulai dari pemerintah, lembaga kesehatan, hingga masyarakat umum, untuk berperan aktif dalam memerangi kebiasaan merokok dan melindungi kesehatan diri sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Sumber: