Hati Hati Gigitan Nyamuk! Simak Pencegahannya

Hati Hati Gigitan Nyamuk! Simak Pencegahannya

Ilustrasi Nyamuk Aedes Aegypti -Halodoc -

JEKTVNEWS.COM - Demam berdarah, juga dikenal sebagai Demam berdarah dengue (DBD), adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi.

Ini adalah penyakit yang umum terjadi di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk di beberapa bagian Asia Tenggara, Amerika Selatan, dan Karibia.

BACA JUGA:5 Permainan Tradisional Era 90-an yang Mengasah Otak dan Keterampilan

Gejala utama demam berdarah meliputi demam tinggi, sakit kepala yang parah, nyeri sendi dan otot, ruam pada kulit, dan nyeri di belakang mata.

Dalam beberapa kasus, penyakit ini dapat berkembang menjadi bentuk yang lebih parah yang dikenal sebagai demam berdarah dengue berat. Bentuk ini bisa mengakibatkan pendarahan, kerusakan organ, dan dalam beberapa kasus, bisa menjadi fatal.

Pencegahan demam berdarah melibatkan tindakan yang diambil untuk mengendalikan nyamuk Aedes aegypti dan mengurangi risiko penularan virus.

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Pegadaian Buka Lowongan Kerja di Semua Kantor dan Derah, Simak Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil:

1. Menghilangkan tempat berkembangbiaknya nyamuk

Pastikan tidak ada tempat di sekitar rumah yang dapat menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk, seperti genangan air di wadah terbuka, bak mandi yang tidak terpakai, atau ban bekas yang menampung air hujan.

2. Menggunakan kelambu

Gunakan kelambu saat tidur, terutama saat tidur siang atau di tempat dengan banyak nyamuk.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Pemberi Rasa pada Makanan, Inilah 4 Manfaat Bawang Putih

3. Menggunakan pakaian yang melindungi

Sumber: