8 Tips Menghilangkan Ketombe dari Kulit Kepala

8 Tips Menghilangkan Ketombe dari Kulit Kepala

Ilustrasi Ketombe di Kulit Kepala -Halodoc -

JEKTVNEWS.COM - Ketombe adalah kondisi umum kulit kepala yang ditandai oleh kulit kepala yang kering, bersisik, dan gatal.

Ketombe biasanya disebabkan oleh pertumbuhan berlebihan ragi atau jamur Malassezia pada kulit kepala, yang menyebabkan kulit kepala mengelupas.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu menghilangkan ketombe:

1. Gunakan sampo anti-ketombe

BACA JUGA:Menarik! Kayu Sowang Papua: Solusi Berkelanjutan untuk Furnitur Tahan Lama

Pilih sampo yang dirancang khusus untuk mengatasi ketombe. Pastikan sampo tersebut mengandung bahan seperti asam salisilat, selen sulfida, atau pirition seng yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

2. Hindari penggunaan sampo beralkohol

Sampo yang mengandung alkohol dapat mengeringkan kulit kepala dan memperburuk ketombe. Pilih sampo yang lembut dan bebas alkohol.

3. Jaga kebersihan rambut dan kulit kepala

Cucilah rambut secara teratur, tetapi jangan terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit kepala. Gunakan air hangat atau sedikit hangat untuk mencuci rambut dan bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit kepala.

BACA JUGA:Buruan Daftar! Loker Terbaru Bulan Juni PT Lotte Indonesia Membuka Lowongan Untuk Posisi HSE Supervisor

4. Hindari penggunaan produk rambut berbasis minyak

Hindari menggunakan produk perawatan rambut seperti minyak rambut atau serum yang berbasis minyak, karena dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan ketombe.

5. Perhatikan pola makan

Sumber: