Jarang Diketahui, Ini 9 Manfaat Susu Kefir Bagi Kesehatan Tubuh

Jarang Diketahui, Ini 9 Manfaat Susu Kefir Bagi Kesehatan Tubuh

Susu Kefir-Jovee-

JEKTVNEWS.COM - Susu kefir merupakan susu fermentasi yang tebuat dari biji-bijian yang dicampurkan dengan bakteri baik dan ragi agar terjadi hubungan simbiosis sehingga jadilah Susu kefir tersebut.

Susu kefir memiliki kandungan Probiotik didalamnya. Probiotik atau bakteri baik ini merupakan organisme hidup yang mampu mengobati masalah pencernaan tertentu dan bisa menjaga kesehatan usus.

BACA JUGA:WOW! Ternyata Rebung Dapat Mengurangi Kolesterol, Simak Faktanya

Dengan mengonsumsi susu kefir ini secara rutin dan tepat dapat membuat sistem kekebalan tubuh meningkat serta banyak manfaat lainnya yang dapat dirasakan oleh tubuh.

Dilansir dari halodoc, Berikut ini beberapa manfaat susu kefir bagi kesehatan tubuh : 

1.Mencegah diabetes

Susu kefir memiliki kandungan yang dapat mengontrol kadar gula darah pada tubuh, gula yang terkadung di dalam susu kefir lebih rendah dibanding dengan susu fermentasi lain sehingga susu kefir ini dapat mencegah diabetes. 

2.Mencegah jantung koroner

Jika dikonsumsi secara rutin, susu ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dan dapat memengaruhi tubuh untuk memproses kolesterol di dalam tubuh secara signifikan. 

3.Mengatasi diare

Susu ini juga dapat membantu menjaga bakteri di dalam sistem pencernaan (usus) agar tetap seimbang, sehingga dapat terhindar dari diare yang disebabkan karena infeksi atau antiobitotik.

4.Mencegah sembelit

Dengan mengonsumsi susu kefir ini secara benar akan membantu mengatasi masalah yang terkait dengan sembelit atau konstipasi.

BACA JUGA:Catat! Ini Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

5.Mencegah infeksi bakteri

Susu Kefir memiliki kandungan antibakteri di dalamnya. Probiotik ini mampu melindungi tubuh dari infeksi dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang berbahaya.

6.Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan kalsium dan vitamin K yang baik di dalam susu kefir ini mampu memenuhi nutrisi tulang agar menjadi semakin optimal. Sehingga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

7.Mencegah penyakit kanker

Kandungan probiotik yang terdapat di dalam susu ini diyakini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker karena susu ini mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

8.Mencegah reaksi alergi

Dengan mengonsumsi susu kefir dapat mencegah berbagai reaksi alergi pada tubuh menjadi lebih buruk. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian.

9.Kefir rendah laktosa

Susu kefir ini memiliki kandungan rendah laktosa. Sehingga bagi orang yang tidak bisa memecah dan mencerna laktosa dengan baik atau disebut intoleransi laktosa tentunya susu ini dapat menjadi pilihan.

BACA JUGA:Cek Fakta : Benarkah Punya Dua Anak Lebih Sehat

Sementara itu, susu kefir ini secara keseluruhan memang aman dan bermanfaat untuk dikonsumsi. Namun yang perlu diingat adalah sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsi susu ini untuk menghindari efek samping yang bisa terjadi, konsumsi lah susu ini secara tepat dan benar serta sesuai dengan kebutuhan.

Sumber: