Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Presiden Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Presiden Joko Widodo (Jokowi) Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila-BPMI Setpres-

JEKTVNEWS.COM - Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, bertempat di kawasan Monas, Jakarta Pusat, di pimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi Tampak mengenakan pakaian adat saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila.

Turut hadir dalam  peringatan tersebut, Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin.

BACA JUGA:ABK asal Myanmar Tenggelam di Perairan Tanjung Solok Tanjab Timur Ditemukan Meninggal Dunia

Sebelumnya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi menyampaikan, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila akan dipusatkan di Lapangan Selatan Monas. Selain itu, sekitar 553 kabupaten, kota dan provinsi yang juga serentak menyelenggarakan upacara.

"Dilaksanakan di sisi Selatan lapangan monas Jakarta. Upacara peringatan Pancasila tanggal 1 Juni akan melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara," ujarnya.

BACA JUGA:Selamat! BTS Rayakan Ulang Tahun dengan Single Baru Take Two

Sementara, yang akan menjadi Komandan Upacara yaitu Direktur Lalu Lintas Polda Daerah DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal. Kemudian, Arkamelvi Kamani didapuk menjadi Perwira Upacara Komando Garnisun Tetap (Kasko Gartap).

Yudian menuturkan, tema peringatan Pancasila tahun ini, adalah "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

BACA JUGA:Inilah 4 Sikap Dita Karang: Idol K-Pop yang Menjadi Duta Bilateral Indonesia-Korsel

"Tema Ini mengandung arti bahwa momentum peringatan hari raya Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia," tukasnya.

Sumber: