Cek Fakta : Benarkah Punya Dua Anak Lebih Sehat

Cek Fakta : Benarkah Punya Dua Anak Lebih Sehat

keluarga bahagia -bola.com-

JEKTVNEWS.COM - Salah satu kebijakan lama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah kebijakan dua anak cukup. Kebijakan ini mendorong agar pasangan suami istri memiliki maksimal dua anak karena dianggap lebih sehat.

Penggunaan alat kontrasepsi yang tepat juga merupakan hal yang perlu bagi pasangan suami istri lakukan. Hal ini adalah bentuk kampanye pemerintah untuk merealisasikan program ini.

BACA JUGA:Catat! Ini Manfaat Daun Singkong Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Berikut ini alasan mengapa pemerintah menganjurkan agar memiliki dua anak saja tiap keluarga : 

1. Mengendalikan pertumbuhan penduduk

Jika populasi manusia terus bertambah namun tanpa diimbangi dengan ketersediaanya sumber daya alam, maka yang akan terjadi adalah kekacauan di masa depan.

Alasannya karena pembangunan dan pengelolaan infrastruktur seperti kesehatan, perumahan, pendidikan serta lapangan pekerjaan akan semakin sulit karena pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali.

Oleh karena itu, dengan menerapkan program "2 anak cukup" akan memungkinkan pengendalian pertumbuhan populasi manusia dan untuk mengalokasikan sumber daya agar lebih efisien.

2. Meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan dua anak lebih sehat

Pemerintah mempertimbangan, suami dan istri akan lebih bisa mengoptimalkan perhatian, waktu dan sumber daya yang cukup untuk setiap anggota keluarganya jika memiliki 2 anak, karena itu merupakan jumlah ideal untuk kesejahteraan keluarga.

Hal ini, akan memungkinkan anak mendapat pendidikan, perawatan kesehatan dan kebutuhan sandang, pangan, papan dengan baik.

Selain itu, suami istri akan lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga tanpa terbebani tanggung jawab memiliki anak yang banyak.

Sementara itu, Pemakaian kontrasepsi akan berperan penting dalam mengoptimalkan program ini. Karena dengan penggunaan alat kontrasepsi ini, pasangan suami istri bisa mengontrol kelahiran anak sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Penggunaan Kontrasepsi juga dapat membantu mencegah kehamilan yang tidak diharapkan dan dapat memberi waktu yang cukup untuk pasangan mempersiapkan diri secara fisik, emosional serta finansial untuk mempunyai anak lagi.

BACA JUGA:Kenapa Insomnia Bisa Terjadi? Cek Faktanya

Selain itu, penggunaan alat kontrasepsi ini juga dinilai dapat mengurangi berbagai risiko atau komplikasi bagi kesehatan Ibu dan anak. Dengan memberikan cukup waktu antara kehamilan pertama dengan kehamilan selanjutnya maka akan memungkinkan Ibu untuk bisa pulih dengan baik dan dapat mencapai kesehatan yang optimal.

Meski BKKBN mendukung program “2 anak cukup” ini, namun, BKKBN lebih mengutamakan sosialisasi dan edukasi atas manfaat dari program ini. Yang perlu diingat bahwa keputusan untuk memiliki anak merupakan hak pribadi setiap pasangan suami istri. 

Sumber: