Penting! Meditasi: Kunci Kesehatan Mental dan Fisik

Penting! Meditasi: Kunci Kesehatan Mental dan Fisik

Ilustrasi Meditasi-Gambar Canva-

JEKTVNEWS.COM - Meditasi menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir sebagai sarana untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, selain itu dengan tingkat tuntutan hidup yang cukup tinggi saat ini membuat stres dan juga gangguan kecemasan lebih cepat menyerang. 

Latihan ini melibatkan pemusatan pikiran pada objek, pemikiran, atau aktivitas tertentu untuk mencapai keadaan relaksasi dan kejernihan. Sementara meditasi berakar pada tradisi spiritual dan agama, sekarang telah diadopsi oleh orang-orang dari semua latar belakang dan kepercayaan.

BACA JUGA:Buruan Daftar! PT Pertamina Patra Niaga Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan SMA Hingga D3/S1

Salah satu manfaat utama meditasi adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi teratur dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol, yang mengarah pada rasa tenang dan sejahtera yang lebih besar. Ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Di luar manfaat kesehatan mentalnya, meditasi telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik pula. 

BACA JUGA:Dipercaya Bisa Menangkap Mimpi Buruk, Ini Fakta Mengenai Dream Catcher

Studi telah menemukan dengan melakukan meditasi secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi rasa sakit kronis. Hal itu juga telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif, termasuk memori, perhatian, dan fokus.

Terlepas dari banyak manfaat meditasi, banyak orang masih merasa kesulitan untuk memasukkannya ke dalam rutinitas sehari-hari. Namun, meditasi hanya beberapa menit per hari dapat berdampak signifikan pada kesehatan secara keseluruhan. 

BACA JUGA:Bahaya Malaria! Kenali Gejala Penyakit Malaria dan Cara Pencegahannya

Apakah Anda memilih untuk bermeditasi di pagi hari, saat istirahat di tempat kerja, atau sebelum tidur, meluangkan waktu untuk memfokuskan pikiran dan hadir pada saat itu dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan fisik Anda.

Sumber: