Alami Nyeri Dada Secara Tiba-Tiba, Ini Penyebabnya

Alami Nyeri Dada Secara Tiba-Tiba, Ini Penyebabnya

Ilustrasi Nyeri Dada-Merdeka-

JEKTVNEWS.COM - Dada yang terasa seperti ditusuk saat mengambil napas bisa disebabkan oleh beberapa kondisi medis. Meskipun saya bukan dokter, beberapa penyebab umum dari gejala yang Anda alami ini termasuk:

1. Cedera otot

Mungkin Anda memiliki cedera atau ketegangan pada otot-otot di dada Anda. Ini bisa terjadi karena aktivitas fisik yang berlebihan, gerakan yang tidak tepat, atau cedera langsung.

BACA JUGA:5 Akibat Mandi Malam yang Sering Orang Abaikan

2. Kondisi jantung

Beberapa masalah jantung seperti angina atau serangan jantung dapat menyebabkan nyeri dada yang berhubungan dengan mengambil napas. Jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau faktor risiko seperti tekanan darah tinggi, merokok, atau diabetes, penting untuk segera mencari bantuan medis.

3. Gangguan pernapasan

Kondisi seperti pneumonia, pleuritis (peradangan di sekitar paru-paru), atau emboli paru-paru (gumpalan darah di paru-paru) dapat menyebabkan nyeri dada saat bernapas.

BACA JUGA:Kuliah Umum, Ketua DPRD Provinsi Jambi Sampaikan Terkait Kiprah DPRD Provinsi Jambi 2019-2024

4. Kondisi otot dan tulang rusuk

Pada beberapa kasus, gangguan seperti osteochondritis (peradangan pada tulang rawan di rusuk) atau interkostal neuralgia (iritasi saraf antara tulang rusuk) dapat menyebabkan nyeri dada saat bernapas.

5. Kondisi gastrointestinal

Beberapa masalah pencernaan seperti refluks asam atau penyakit ulkus lambung dapat menyebabkan nyeri dada yang berhubungan dengan napas.

BACA JUGA:3 Wakil Indonesia Semifinal Malaysia Masters 2023 Bertanding Hari ini

Sumber: