Sosok Dibalik Keberhasilan Timnas Indonesia Meraih Mendali Emas

Sosok Dibalik Keberhasilan Timnas Indonesia Meraih Mendali Emas

Pelatih Indra Sjafri-PSSI-

JEKTVNEWS.COM - Kemenangan Tim Nasional Indonesia setelah 32 Tahun tentu menjadi sejarah yang berarti bagi Indonesia.

Dibalik kesuksesan Tim Nasional Sepak bola Indonesia tentu ada sosok yang mendorong dari belakang dan melatih Tim Nasional Indonesia sehingga mampu membawa prestasi yang luar biasa.

Dibawah asuhan Indra Sjafri Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia berhasil menoreh mendali emas kepada Indonesia.

Indra Sjafri merupakan orang minang yang lahir di Lubuk Nyiur, Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada tanggal 2 Februari 1963.

BACA JUGA:Sembelit? Ini 6 Manfaat Buah Pepaya Untuk Pencernaan

Ia bekerja sebagai pelatih dan pernah menjadi mantan pesepak bola. Ia melatih tim nasional Indonesia kategori Usia seperti Timnas U-12, U-19 dan U-22, dan pada februari 2020 ia ditunjuk sebagai Direktur Teknik PSSI.

Sebelum memilih fokus berkecimpung di dunia pelatihan sepak bola, Indra Sjafri pernah bekerja di PT Pos Indoensia Padang dan menjadi karyawan disana selama beberapa waktu.

Dan fakta lainnya, ternyata Indra Sjafri turut berkeja sebagai petani di Keirnci, masyarakat setempat yang lama tinggal disana juga mengatakan Kerinci bisa saja menjadi lokasi yang penuh kenangan bagi Indra Sjafri sebab ia bersekolah SD disana dan bekerja sebagai petani selama beberap waktu sebelum akhirnya ia direkrut menjadi anggota tim PSP Padang.

BACA JUGA:Macet Mendalo-Tempino, Ditlantas Ubah Jam Operasional Batu Bara

Walau saat itu ia belum terkenal, Indra Sjafri pernah membawa trofi juara di turnamen sepak bola membawa Tim Nasional Junior tepatnya pada acara HKFA U-17 dan HKFA U-19.

Sebelum membawa emas 32 Tahun Indoenesia, Indra Sjafri pernah membawa tim asuhannya sukese di Turnmanen Kejuaran Remaja U-19 AFF pada 22 September 2013 melawan Vietnam dengan skor akhir pertandingan 7-6 dengan permainan yang imbang satu sama lain yang berujung tendangan pinalti.

Ini juga merupakan gelar pertama Indonesia setelah 22 Tahun sejak terkahir Indonesia tak pernah sekalipun meraih gelar juara dan sejak saat itu pula nama Indra Sjafri menjadi tersohor dan diekal luas di kalangan pesepak bola tanah Air.

Sumber: