6 Ritual Jawa yang Masih Ada Hingga Saat Ini

6 Ritual Jawa yang Masih Ada Hingga Saat Ini

Ilustrasi Ritual Jawa-Kebudayaan-

JEKTVNEWS.COM Ritual adalah serangkaian tindakan atau upacara yang dilakukan secara berulang-ulang dengan urutan dan aturan tertentu. Tujuan dari Ritual dapat bervariasi, termasuk untuk keagamaan, sosial, budaya, atau tujuan pribadi.

Ritual sering melibatkan simbol-simbol, nyanyian, gerakan, atau pengorbanan, dan dapat menjadi bagian penting dari identitas dan kehidupan masyarakat. Beberapa ritual Jawa yang masih ada hingga saat ini antara lain:

BACA JUGA:Masha Allah! Cantiknya Inara Saat Buka Cadar

1. Upacara Jumenengan

Upacara ini dilakukan untuk memperingati kelahiran Raja Keraton. Biasanya dilakukan di Keraton atau Istana dengan melibatkan para abdi dalem dan masyarakat setempat.

2. Slametan

Slametan adalah upacara yang dilakukan untuk merayakan keberkahan atau menghormati leluhur. Biasanya dilakukan di rumah-rumah atau tempat suci dengan menyediakan hidangan makanan dan berdoa bersama.

BACA JUGA:Wanita dan Kecintaan Mereka pada Bunga

3. Ngalap Berkah

Ritual ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan berkah atau keberuntungan. Biasanya dilakukan dengan cara melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang dianggap sakral atau keramat, seperti gunung, pantai, atau makam leluhur.

4. Sekaten

Sekaten adalah perayaan tahunan yang dirayakan di Keraton Yogyakarta dan Surakarta. Perayaan ini dilakukan dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Acara utamanya adalah prosesi kirab berjalan diiringi musik gamelan.

BACA JUGA:6 Tips Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat

5. Grebeg Maulud

Sumber: