Apa itu buah Buni ?? Cek fakta dan manfaatnya..

Apa itu buah Buni ?? Cek fakta dan manfaatnya..

Buah Buni-ist-

MUARO JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Jambi Tulo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten MUARO JAMBI, Provinsi Jambi. Keadaan alam dari wilayah ini menjadi alasan bagi pemuda-pemudi setempat untuk terus melestarikan alam. 

Hal ini dibuktikan dengan adanya "Taman Sakat" yang didirikan pemuda-pemudi setempat atas keresahannya terhadap alam yang kian hari terkikis oleh kebutuhan komersial dan kepentingan politik.

Sakat menurut masyarakat merupakan arti dari tumbuhan yang menempel. Sedangkan Taman Sakat sendiri merupakan sebuah taman yang ditumbuhi oleh banyak tumbuhan epifit dan beberapa tumbuhan lokal yang terancam punah.

BACA JUGA:Pemerintah Kota Jambi Tunda Selama 6 Bulan Kenaikan Tarif PDAM Tirta Mayang

Di tempat inilah, masyarakat setempat mulai mencoba meramu beberapa tumbuhan untuk tetap dilestarikan keberadaannya. 

Salah satu buah yang tumbuhan di kawasan Taman Sakat adalah bauh Bernei atau buni. Bahkan, di taman ini, hanya ditumbuhi dua pohon buah bernei yang hidup berdekatan dengan air.

Menurut penduduk lokal Jambi Tulo, buah ini dikategorikan sudah sangat langka karena jarang ditemui di wilayah Jambi Tulo maupun sekitarnya. 

BACA JUGA:Presiden Jokowi Sebut Jalan Tol di Jambi Selesai Tahun 2024

Di Indonesia sendiri buah ini memiliki nama yang beragam. Seperti di Sunda, buah ini memiliki nama Wuni. Sedangkan di tempat lainnya, Gorontalo, memiliki nama Malahengo. 

Karakteristik dari buah ini berbentuk seperti anggur dan berukuran sangat kecil yang berkumpul dalam satu rimbunan.

BACA JUGA:Mengenal Hepatitis A Seperti Yang Dialami Rapper BIG Naughty Hingga Dikarantina

Berwarna hijau kemerahan saat masih muda dan apabila telah matang memiliki warna merah kehitaman. Buah ini memiliki tekstur seperti biji-bijian pada umumnya dengan rasa asam dan kelat hingga asam manis saat sudah matang. Pohon buah ini memiliki ketinggian 15-30 meter. 

Buah ini juga memiliki banyak manfaat, terutama memiliki Antosianin yang mampu menjaga kesehatan pembuluh darah. Selain itu Bernei atau Buni banyak mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin A dan provitamin.

.

Sumber: